TOBASA-Sosialisasi Luas Tambah Tanam dan Penerapan Teknologi Anjuran Jajar Legowo TA - 2019 oleh Dinas Pertanian dan Perikanan Kab.Toba Samosir di Kecamatan Siantar Narumonda Jumat,(25/1/2019) dilaksanakan di desa Siantar Tonga Tonga 1 dengan Kepala Desa Sangapan Marpaung.

Mangara sihombing, MMA dari Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) yang juga sebagai BPK (Balai Penyuluh Kecamatan) di Kec.Siantar Narumonda menjelaskan, Jenis bantuan yang diberikan adalah, Hand Traktor 2 unit, 1 unit mesin Pompa Air.

  Untuk hadiah Mesin Traser pemanen padi akan diberikan kepada Kelompok Tani yang berhasil meraih pemenang lomba Demplot Pertanian Swadaya Masyarakat dengan penghasilan Padi terbanyak yang menggunakan sistim pertanian Jajar Legowo untuk sedesa Siantar Kec.Siantar Narumonda (Siantar Tonga Tonga Tonga 1, 2, 3 dan Siantar Sitiotio serta Siantar Dangsiana) dengan ketua Panitia Lomba Edison Marpaung.

Untuk juara pertama pada penghasil produksi tanam padi terbanyak pada musim tanam tahun 2018 dengan program Jajar Legowo yang di menangkan oleh Kelompok Tani Pardomuan desa Siantar Tonga tonga 1. Untuk peraih juara 2 dan 3 mendapatkan Hands Prayer dan uang pembianaan Kelompok Tani yang berhasil di himpun Panitia dari Kelompok dan beberapa Donatur pembantu.

Kades Siantar Tonga Tonga 1 Sangapan Marpaung dalam sambutannya, mengucapkan terima kasih atas hadirnya Bupati dan Wakil Bupati beserta jajarannya juga Anggota DPRD Kab,Tobasa Resman Marpang dalam acara Sosialisasi Luas Tambah Tanam dan Penerapan Anjurwn Jajar Legowo TA - 2019 di Desa Siantar Tonga Tonga 1.

"Dalam harapannya, kiranya di kedepan program pembangunan akan bertambah di Kecamatan Siantar Narumobda khususnya di desa 5 Siantar Kec.Siantar Narumonda demi menunjang program pembangunan Pemkab Toba Samoair menjadi "TOBASA HEBAT 2021," harap Kades.

Dalam kesempatan tersebut juga diserahkan oleh Dinas Kesehatan Baju kostum untuk Kelompok Usia Lanjut (Lansia) kepada para perwakilan Lansia dari Desa Siantar Tonga Tonga 1, 2, 3 dan Siantar Sitiotio serta Kelompok Lansia dari Desa Siantar Dangsina.*