TOBASA-Dinas Kesehatan Kab.Toba Samosir bersama Puskesmas Siantar Narumonda Jumat,(25/1/2019) bertempat di komplek SMP Negeri Satu Atap Sitorang Jae Kec.Siantar Narumonda-Tobasa melaksanakan kegiatan Pemeriksaan dan pengobatan gratis kepada warga desa Siantar Tonga Tonga 1, 2 dan 3 Kec.Siantar Narumonda.

Pelayanan Pengobatan garatis dilaksanakaan mulai pukul 9.00 WIB kepada semua kalangan tingkat usia dan tidak ada pembatasan bagi seluruh warga ke 3 desa ( Siantar Tonga-Tonga 1, 2 dan 3) oleh Puskesmas Siantar Narumonda. Dalam pemeriksaan dan pengobatan gratis hadir juga para anak anak dan ibu Hamil untuk memeriksakan kesehatan kandungannya.

Pelayaanan pengobatan gratis ini dihadiri puluhan kalangan orang tua yang telah Lanjut Usia  (LANSIA) untuk memeriksakan kesehatannya. Dalam pengobatan gratis untuk kalangan orang tua Lansia ini juga di laksanakan pemberian tambahan vitamin dan makan gizi tambahan kepada para kalangan Lansia.

Didapati informasi dilokasi kegiatan Pelayanan Pemeriksaan dan Pengobatan Gratis ini seharusnya bersama dengan tim kesehatan dari Dinkes Pemkab Tobasa, namun tim dari Dinkes belum hadir hingga pukul11.20 WIB, dan pelayanan pengobatan gartis hanya dilaksanakan oleh tim medis kesehatan dari Puskesmas Siantar Narumonda.

Lius Manurung ( Op.Erpan) (78) warga Desa Siantar Tonga-Tonga 3 usai memdapatkan pengobatan dan pemeriksaan kesehatan dari tim medis kepada Gosumut mengatakan, dengan keluhan penyakit di usia senjanya saat ini atas pengobatan gratis yang diterimanya bersama dengan beberapa warga lainnya yang seusia dengannya dari Pemkab Tobasa pada hari ini mengucapkan terima kasih kepada Bupati dan jajarannya.

Bertugas sebagai dokter pemeriksa dr.Betti Manullang Kapus Siantar Narumonda yang di bantu oleh para Bidan dan perawat serta beberapa staf Puskesmas Siantar Narumonda serta beberapa Bidan Desa yang bertugas di Kec.Siantar Narumonda.

Camat Kec.Siantar Narumonda Pintor Pangaribuan,SH menjelaskan pada hari ini Jumat, 25/1/2019 di desa Siantar Tonga Tonga 3 dilaksanakan beberapa program kegiatan diantaranya,Pengobatan Gratis oleh Dinas Kesehatan Tobasa bersma dengan  Puskesma Siantar Narumonda, Sosialisasi Kependudukan oleh Disdukcatpil Tobasa,Sosialisasi luas Tambah tanam dan penerapan teknologi Anjuran Jajar Legowo oleh Dinas Pertanian Tobasa serta pemberian bantuan peralatan pertanian kepada kelompok Tani.*