TOBASA-Mesin ATM milik Bank Mandiri di samping gedung bekas Rumah Sakit Lamhot di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) Jln. Sisingamangaraja XII kota Lagoboti Kec.Laguboti Kab.Toba Samosir di bobol Orang Tidak di Kenal (OTK) Rabu(23/01/2019).

Informasi yang berhasil dihimpun GoSumut di seputaran lokasi Kejadian Kamis,(24/01/2019) diketahui kejadian bobolnya Mesin ATM milik Bank Mandiri sekitar pukul 06.30 Wib oleh salah seorang warga Masyarakat samping Mesin ATM.

Pagi harinya, Pemilik RS Lamhot melihat mesin ATM Bank Mandiri dalam keadaan rusak dan ada bekas Lasan. Melihat hal tersebut langsung melaporkannya via telpon seluler ke Bank Mandiri P.Siantar.

Kapolsek Laguboti AKP.Bajoka,R.J, S.Sos melalui Anggotanya Unit Reskrim Briptu Pol Yudi di Kantornya Kamis,(24/01/2019) menjelaskan, diketahuinya kejadian atas bobolnya mesin ATM Bank Madiri oleh Pihak Polsek Kec.Laguboti  berkat informasi laporan warga sekitar ke Polsek Laguboti.

"Mendapat informasi tersebut, atas perintah langsung Kapolsek kita langsung turun ke Tempat Kejadian Perkara (TKP) dalam hal untuk melakukan pengamanan dan pemeriksaan awal atas kebenaran kejadian yang di informasikan oleh warga, setiba dilokasi kita menemukan kebenaran kejadian tersebut," terang Briptu Yudi.

Setiba di TKP petugas melakukan pengamanan dan pemeriksaan awal atas ditemukannya kejadian pembobolan mesin ATM milik Bank Mandiri sebagaimana yang di informasikan oleh warga.

"Di lokasi kita menemukan mesin ATM dalam keadaan rusak. Melihat dari kondisi yang ada di lokasi mesin ATM sepertinya di rusak dengan menggunakan mesin Las yang di bobol oleh OTK. Hal ini dibuktikan dengan keadaan kondisi fisik mesin ATM dengan di beberapa titik bagian fisik mesin ATM ada bekas lasan dan di lantai di temukan serbuk bekas las," terang Briptu Yudi.

Setelah dilakukan pemeriksaan sementara di TKP tidak ada yang hilang, maupun uang yang ada di dalam mesin ATM dan uang tersebut langsung di amankan oleh pihak Bank Mandiri KCP Balige Toba Samosir.

Ditegaskan Kapolsek Laguboti AKP. Bajoka,R.J,S.Sos melalui anggotanya  Unit Reskrim Briptu Yudi menegaskan, atas adanya kejadian pembongkaran mesin ATM milik Bank Mandiri yang dilakukan oleh orang tidak bertanggung jawab,hingga hari ini Kamis,(24/01/2019) Polsek Laguboti belum ada menerima laporan pengaduan dari Pihak yang merasa dirugikan atas kejadian perkara tersebut dalam hal ini pihak Bank Mandiri.

Ditegaskan Yudi, Polsek Laguboti tidak tau apa alasan mereka untuk tidak membuat Laporan Pengaduannya (LP), atas perintah dan Petunjuk Pimpinan pihak Polsek Laguboti tetap menunggu bila pihak korban melaporkannya.

"Supaya kita melakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk detilnya dalam hal untuk mendalami dan melengkapi hasil pemeriksaan awal di TKP untuk tindak lanjut proses Hukum selanjutnya. Untuk saat ini Mesin ATM yang rusak telah di amankan,"tegasnya.*