ASAHAN-Keberadaan pembangunan infrastruktur di Desa Bandar Pulau Pekan dan Desa Gonting Malaha Kecamatan Bandar Pulau Kabupaten Asahan tampaknya belum bisa dikatakan maksimal atau pemerataan. Hal ini dikarenakan masih ditemui banyaknya ruas jalan yang sama sekali belum tersentuh pembangunan.

Hal itu diungkapkan Ulil Amri Lubis dan Azhar Nasution warga Kisaran usai berkunjung  ke Desa Gonting Malaha. Ulil mengatakan, kondisi jalan Kabupaten yang juga Jaringan Jalur Mantap (JJM)  yang terletak di Kabupaten Asahan sudah  di hotmik.

"Kami sangat prihatin melihat kondisi jalan seperti ini. Jika dilewati oleh ibu-ibu yang lagi hamil, bisa mengakibatkan keguguran,” kata Azhar Nasution , Jumat (18/1/2019).

Jaringan Jalur Mantap yang menghubungkan Desa Bandar Pulau Pekan menuju Desa Gonting Malaha tersebut adalah jalan sepanjang 10 kilometer yang terletak di Desa Bandar Pulau Pekan dan Desa Gonting Malaha  Kecamatan Bandar Pulau Asahan yang menghubungkan ke Kecamatan Bandar Pasir Mandoge.

Selain dari itu Edward Banjar Nahor  warga Pinggol Toba berharap pemerintah segera membangun jalan tersebut. Menurutnya, kerusakan jalan Terparah,  mulai dari Batu Nanggar,  Jembatan,  sampai Ke Pinggol Toba,  yang mana badan jalan sudah mulai sempit dan berlobang-lobang,  belum lagi jembatannya begitu sempit.

  “Ada apa dengan wilayah ini sehingga belum tersentuh pembangunan jalan sebagai sarana perekonomian yang sangat dibutuhkan masyarakat. Kami berharap, kerusakan jalan yang parah ini segera dapat sentuhan pembangunan,” ujar  Edward.

Hasil pantauan gosumut. com,  jumat (18/1/2019)benar adanya masyarakat telah lama mendambakan perbaikan jalan tersebut. Masyarakat berharap Pemerintah Kabupaten Asahan dapat segera mungkin merealisasikan atau memprioritaskan pembangunan tersebut harapan pengguna jalan wilayah ini.

Hal ini menjadi pertanyaan bagi pemerhati Jalan dan Jembatan Kabupaten Asahan yang di ungkapkan  Deni Tambunan saat ditemui Gosumut di Jalan Listrik Kisaran.

"Apakah pembangunan jalan tersebut sudah di anggarkan atau belum. Namun hingga saat ini, pihak terkait belum bisa memastikan itu," ujarnya dengan nada kesal.

  Kepala Desa Bandar Pulau Pekan Dahliana dan Kepala Desa Gonting Malaha ketika di konfirmasi gosumut namun belum berhasil dihubungi.

  Ditempat terpisah Kepala Dinas PUPR Kabupaten Asahan Tengku Adi Huzaipa melalui  Kabid Bina Marga Pupr,  Syahrum mengatakan untuk 2019 akan diusahakan.*