Bawaslu Diingatkan Pro Aktif Awasi Kampanye Pileg dan Pilpres

Bawaslu Diingatkan Pro Aktif Awasi Kampanye Pileg dan Pilpres
Minggu, 13 Januari 2019 19:44 WIB
Penulis: Penry Nababan SH

LABUHANBATU - Memasuki tahapan kampanye Pileg dan Pilpres, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Labuhanbatu diingatkan dan diharapkan lebih pro aktif dalam memantau dan menyosialisasikan PKPU Nomor 23 Tahun 2018.

Hal ini dilakukan untuk menciptakan situasi yang baik menjelang tahapan masa kampanye memasuki Pemilu Capres dan legislatif yang akan dilaksanakan pada 17 April 2019 nanti.

Seperti kegiatan Flash Mob yang dilaksanakan Dewan Pimpinan Daerah Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Labuhanbatu, Minggu (13/1/2019). Tampak pengurus dan Kader partai membawa dan mengenakan atribut pasangan salah satu cawapres pasangan nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno.

Selain itu, ada indikasi pelanggaran lain saat kunjungan Calon Wakil Presiden Sandiaga Uno beberapa waktu lalu. Di mana, dalam giat takbir Akbar, tampak salah satu tim rombongan melakukan kampanye dengan slogan 2019 ganti Presiden.

Ads
Tampak hadir pengamanan Flash Mob Kapolres Labuhanbatu AKBP Frido Situmorang, didampingi Kabag Ops Kompol Mustafa Nasution, Kasat Intelkam AKP Fadlin Alfitri.

Massa menggelar aksi di Tugu Simpang Enam, Rantauprapat, Kabupaten Labuhanbatu, sekira pukul 14.00 dan membubarkan diri sekira pukul 15.30.

Ketua Bawaslu Kabupaten Labuhanbatu Makmur Munthe, saat dihubungi awak media, disinggung terkait peraturan kampanye Partai sesuai PKPU nomor 23 tentang kampanye, menjelaskan, Bawaslu melalui Petugas Panwascam Andi Pati Dana, sudah turun ke lokasi dan melakukan komunikasi kepada pihak pengurus Partai agar membubarkan diri.

"Karena ada indikasi yang mereka lakukan tidak sesuai dengan surat yang mereka tembuskan ke pihak Bawaslu. Ada indikasi pelanggaran, makanya kita lakukan komunikasi, dan aksi membubarkan diri," bilangnya menyikapi.

wwwwww