SERGAI-Sebanyak kurang lebih 3000 (tiga ribu) peserta terdiri umum sebanyak 500 orang dan pelajar sebanyak 2500 orang berbagai sekolah se- kabupaten Sergai melakukan gerak jalan Meraton Jarak tempu 5 kilo meter dari rute komplek Replika Istana Sultan Serdang menuju kelurahan melati kebun dan kembali ke komplek.

Pelepasan peserta Meraton secara langsung dilepas oleh Bupati Sergai ir. H. Soekirman, yang turut hadir Waka polres sergai, Kompol Henri Sibarani, Kepala OPD, Camat, dan Ketua KONI Sergai, Siswanto, tepatnya Istana Sultan Serdang Kelurahan Melati Kebun Kecamatan Pegajahan. Sabtu (12/1/2019).

Kadis Pora Parbud Drs Santun Banjarnahor menyampaikan bahwa kegiatan ini dalam rangka hari jadi ke-15 Kabupaten Sergai tahun 2019.

"Bertujuan mengajak masyarakat agar berolahraga, karena dengan berolahraga masyarakat bisa menjadi sehat. Salah satunya adalah dengan mengikuti olahraga maraton ini," ucapnya.

Dikatakan, bahwa olahraga ini, lanjut Kadis Pora Parbud Santun Banjarnahor adalah termasuk olah raga murah dan terjangkau oleh siapa saja. Dengan jumlah peserta umum sekitar 500 orang dan palajar sekitar 2500 orang dari berbagai sekolah se- Kabupaten Sergai.

"Dari rute mulai dari Komplek Replika Istana Sultan Serdang menuju Kelurahan Melati Kebun dan kembali lagi ke Komplek Replika, "katanya.

Sementara itu, Bupati Sergai Ir. H. Soekirman mengatakan hingga usia Kabupaten Sergai yang ke-15 tahun ini, kita harus tetap dalam keadaan sehat serta terus menjalin persaudaraan yang erat dan bersatu untuk Sumatera Utara yang bermartabat.

Bupati Sergai berharap kegiatan maraton 5 km ini dapat menjaring atlet-atlet muda yang dapat dibina hingga nantinya dapat menjadi atlet yang dapat diandalkan oleh Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat untuk mewakili di ajang olahraga maraton tingkat Provinsi Sumut maupun nasional.

"Semakin sering kita berolahraga maka akan mendapat tubuh yang sehat dan jiwa yang kuat, oleh karenanya mari kita tingkatkan semangat dan harus tetap kita jaga kondusifitas dalam memajukan Kabupaten Sergai yang kita cintai ini,"pungkasnya.*