TOBASA-Pesta syukuran awal Tahun 2019 oleh Pemkab Toba Samosir diawali degan acara ibadah kerohanian yang dipimpin oleh Pdt.Prof .LO Siregar ,Mth dengan doa syafaat di pimpin  oleh Pdt .Oloan Sitorus.

Usai Ibadah dilaksanakan acara penyampaian kata sambutan yang diawali oleh Plt.Sekda Tobasamosir Harapan Napitupulu,dilanjutkan oleh Wakapolres Tobasa Kompol Arifin Siagian, mewakili Anggota DPRD oleh Wakil Keta DPRD Kab,Tobasa Toni Simanjuntak yang sekaligus mewakili Ketua DPRD Kab.Tobasa Ir,Boike Pasaribu,M.Si, mewakili Tokoh masyarakat,Tokoh Adat dan Tokoh Agama.

Bupati Ir.Darwin Siagian didampingi Wakilnya  Ir.Hulman sitorus,M.Si melalau, Kadis Sosial dr,Raja Ipan sinurat,M.Kes menjelaskan, untuk tahun 2018 kemiskinan di Kab.Toba Samosir telah mengalami penurunan yg cukup fantastis. Dimana sebelumnya berjumlah 8600 KK turun menjadi 4700 KK.

Data diambil diketahui dari jumlah daftar penerima PKH (Penerima Bantuan Keluarga). Kemensos RI memberikan penghargaan kepada Pemkab Tobasa terhadap prestasi tersebut.

Ditegaskan Bupati, "kemiskinan akan tetap ada, bila kemalasan untuk bekerja di pelihara" imbuh Bupati dalam sambutannya.

Lebih lanjut disampaikan Bupati, berkaitan dengan bantuan tunai tidak akan diberikan lagi dalam bentuk uang Kontan/tunai, tetapi  akan diberikan dalam bentuk Kartu Elwktrick (E.Warung).

"Warga yang mendapat bantuan tidak lagi diberikan dengan bantuan uang tunai melainkan dalam bentuk barang yang nantinya si penerima berbelanja degan menggunakan kartu Elektronik (E-Warung) dari KEMENSOS RI dan akan dimulai sejak tanggal, 25 Januari 2019," jelas Bupati.*