MEDAN-Guna mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban dan keselamatan (Kamseltibcar) laluluntas, Satlantas Polrestabes Medan mengantisipasi kemacetan beberapa kawasan di wilayahnya.

Kawasan yang dimaksud antara lain jalur menuju tempat wisata Berastagi dan tempat perbelanjaan seperti mall dan lain-lain.

"Untuk memberi kenyamanan dan kelancaran bagi warga kota medan yang ingin menikmati liburan wisata ke arah jalur atas Brastagi dan pusat perbelanjaan, personel jajaran Lalulintas Polrestabes Medan Melaksanakan penjagaan dan pengaturan yang dibagi beberapa ploting penempatan," kata Kasat Lantas Polrestabes Medan, AKBP Juliani Prihartini SIK MH dalam keterangan tertulisnya yang diterima GoSumut.com, Minggu, (6/1/2019).

Lebih lanjut diungkapkan mantan Kapolsek Medan Timur ini, ploting penempatan personel dibagi dua titik yaitu di jalur atas Brastagi dan pusat perbelanjaan/Mall.

"Untuk jalur Brastagi personel ditempatkan di bawah perwira pengendali Iptu Bonar Rajaguguk dan Ipda Gokma. Sedangkan ploting personel antara lain Jalan Jamin Ginting simpang Selayang, simpang Pasar Pancurbatu, simpang Simbahe, simpang PDAM Tirtanadi, Jalan Jamin Ginting GreenHill dan tikungan Amoi, Bandar Baru," ungkapnya.

Dijelaskan Juliani, sedangkan di pusat perbelanjaan/Mall wilayah Kota Medan, personel ditempatkan dengan kerjasama Unit Lalulintas Polsek jajaran di bawah kendali perwira pengawas, Ipda Rizal yaitu Manhattan Mall, Medan Fair Plaza, Medan Mall,Thamrin Plaza, Center Point dan Sun Plaza.

"Intinya, hal itu kita lakukan guna mengantisipasi dan kesiapan kita menghadapi kepadatan arus lalu lintas menjelang berakhirnya liburan. Maka dari itu, personel kami tempatkan di persimpangan untuk mengurai dan mencegah terjadinya kemacetan lalulintas," jelasnya seraya menambahkan sampai dengan saat ini situasi arus lalulintas pada obyek tersebut terlihat lancar dan normal.

Selain itu, disebutkannya, jika terjadi kemacetan arus lalulintas, pengguna jalan dapat melalui sejumlah jalur alternatif.

"Untuk jalur alternatif dari simpang Kongsi menuju Duren Tonggal dan Duren Pitu bisa digunakan oleh pengguna jalan. Sekaitan dengan hal itu, demi mewujudkan kamseltibcar lalulintas, kami mengimbau kepada pengguna jalan agar tetap berhati- hati dalam mengemudikan kendaraan. Patuhi rambu-rambu lalulintas. Jangan main HP saat mengemudikan kendaraan," pungkasnya.***