BELAWAN-Guna mengamankan pergantian malam tahun baru, Polres Pelabuhan Belawan menyiagakan 376 personel di sejumlah rumah ibadah.

“Dalam memberikan pelayanan pengamanan pergantian malam tahun baru kita menyiagakan sebanyak 376 personel di sejumlah rumah ibadah,” ujar Kapolres Pelabuhan Belawan, AKBP Ikhwan Lubis SH MH dalam keterangan tertulisnya yang diterima GoSumut, Senin, (31/12/2018).

Dijelaskan Ikhwan, pergantian malam tahun baru itu dipastikan akan ada peningkatan aktifitas dan mobilitas warga, baik di rumah ibadah, pusat perbelanjaan, tempat rekreasi, dan pelabuhan penyeberangan.

“Oleh karena itu, kita siagakan 376 personel di gereja dan Mesjid yang dirangkai dengan Tabligh Akbar,” jelas orang nomor satu di Mapolres Pelabuhan Belawan.

Selain itu, Ikhwan menyebutkan, pada pergantian malam tahun baru ini pihaknya mengamankan 156 gereja dan Tabligh Akbar di 2 mesjid dengan menurunkan 376 personel dengan plotingnya masing-masing.

“Jadi, dari jumlah personel tersebut, 312 personel dikerahkan untuk mengamankan 83 gereja di Polsek Medan Labuhan menyusul Polsek Belawan 43 dan sisanya Polsek Hamparan Perak 30 gereja. Sedangkan 67 persenoel disiagakan untuk mengamankan Mesjid Al-Osmani dan Al- Itihad,” sebut mantan Kasubdit Indag Ditreskrimsus Polda Sumut ini.

Ditambahkannya, pada pergantian malam tahun baru ini pihak juga juga melakukan pengaturan Lalulintas.

“Selain mengamankan gereja dan mesjid, kita juga melakukan pengaturan lalulintas. Hal itu mengantisipasi kemacetan yang dilakukan oleh personel Pos Pam Ops Lilin Toba 2018,” tambah matan Kasat Reskrim Polrestabes Medan ini seraya mengatakan sampai saat ini situasi kamtibmas malam pergantian tahun di wilayah hukum Polres Pelabuhan Belawan masih dalam keadaan aman dan baik.*