TAPSEL-Dalam rangka pelestarian lingkungan hidup, peningkatan kesejahteraan masyarakat Tapanuli Selatan (Tapsel) dan menyerap Karbondioksida (CO2), DPD KNPI Tapsel mengajak warga untuk melakukan penanam pohon buah jenis kayu hutan maupun pohon buah.

Hal ini dibuktikan dengan pembagian 25500 bibit yang telah disiapkan untuk dibagikan kepada masyarakat di Tapsel. Adapun jenis bibit yang dibagikan kepada warga Tapsel ini antara lain, pohon Ingul, Durian, Mangga, Rambutan, Jambu, Petai, Jengkol, Nangka, Kopi dan Duku. Semua bibit tersebut berasal dari lokasi pembibitan DPD KNPI Tapsel di Desa Marsada, Kecamatan Sipirok, Kabupaten Tapsel.

Ketua DPD KNPI Tapsel, Hajrul Aswat Siregar kepada wartawan menyampaikan, selain untuk mendukung Visi Misi Bupati Tapsel 'Menuju Masyarakat Tapsel Yang Sehat, Cerdas dan Sejahtera', pembagian bibit pohon kayu hutan maupun buah kepada warga Tapsel ini merupakan partisipasi pemuda Tapsel untuk meningkatkan taraf hidup warga Tapsel yang mayoritas petani dan memiliki lahan untuk berkebun.

Selain itu, dengan menanam pohon yang dapat meningkatkan penghasilan warga, tentunya pohon-pohon yang ditanam tadi dapat menjaga kestabilan lingkungan seperti udara.

"Kita mengajak warga untuk memanfaatkan lahan mereka menanam pohon yang dapat meningkatkan taraf ekonomi mereka dari hasil tanaman bibit yang kita bagikan. Bagi warga yang mau, silahkan datang ke tempat kita untuk mengabil bibit yang akan mereka tanam dan semuanya gratis,"tuturnya.

Saat ini 2000 bibit telah tersalurkan kepada warga di tiga wilayah Kecamatan di Tapsel, yakni Kecamatan Sipirok sebanyak 20 warga, Kecamatan Saipar Dolok Hole (SDH) 5 warga dan Angkola Selatan 30 warga. Sedankan sisa bibit yang ada rencananya akan dibagikan kepada warga yang mau dan ditanam dilahan-lahan kritis.

Henri Siregar, salah satu warga dari Kecamatan Saipar Dolok Hole yang menerima bibit tersebut mengatakan, atas program DPD KNPI Tapsel terkait pembagian bibit ini merasa termotivasi untuk memanfaatkan lahannya yang masih kosong.

"Saya berterimakasih atas bantuan bibit yang saya terima ini. Saya merasa termotivasi untuk menanami lahan saya yang masih kosong dan semoga seluruh bibit yang saya terima berhasil sehingga ekonomi keluarga saya dapat terbantu,"ucapnya kepada wartawan.*