TOBASA-Tim Advokasi Kementerian Pendidikan hadir di Kec.Siantar Narumonda Kab.Toba Samosir Kamis, (27/12/2018).

Kunjungan Tim Advokasi Kementerian Pendidikan oleh Betti Doloksaribu dengan tujuan mengecek dan memeriksa pelaksanaan kegiatan bantuan ternak anak ayam yang telah diberikan beberapa bulan yang lalu untuk diternakkan dan di kembang biakkan.

Bantuan tersebut diberikan oleh pemerintah dengan tujuan untuk pembinaan dan pembelajaran bagi kelompok ternak ayam oleh TP.PKK Desa serta untuk membantu peningkatan pendapatan ekonomi masyarakat desa.

Bantuan ternak anak ayam ini diberikan oleh Pemerintah Pusat melalui Kemenetrian Pertanian pada tanggal 27 Oktober 2018.

Bantuan diberikan kepada 12 desa se Kecamatan Siantar Narumonda dengan jumlah ternak anak ayam sebanyak 100 ekor per kelompok untuk 12 Kelompok.

Ternak ayam Tim Penggerak PKK desa diberikannya ternak anak ayam dengan tujuan program utama harus dikembang biakkan hingga sampai bertelur yang pada akhirnya nantinya setelah berhasil di seluruh masing masing anggota dan pengurus ada yang bisa dijual oleh kelompok menjadi konsumsi daging ayam dan juga menjadi ayam petelur.

Dalam kunjungannya di Kec.Siantar Narumonda Betti Doloksaribu selaku Tim Advokasi dari Kementerian Pendidikan langsung mengunjungi kelompok ternak TP PKK Desa Narumonda 1 dengan Kepala Desanya Tarigan Marpaung yang dipelihara dan diurus oleh Ny.Gossen Marpaung dan kelompoknya TP. PKK Desa Narumonda 1.

Hadirnya Tim Advokasi didampingi langsung oleh Sekretris TP.PKK Kab.Tobasa Risma Sitorus mewakili Ketua TP PKK Kabupaten Ny.Brenda Darwin Siagian,Kabid Dinas Pendidikan Kab.Tobasa Simbolon serta di dampingi langsung oleh Camat Kec.Siantar Narumonda Pintor Pangaribuan,SH bersama dengan KASI PMD Kec.Siantar Narumonda Jonni Pakpahan.

Dalam kesempatan tersebut Betti Doloksaribu sebagai Tim Advokasi Kementerian Pendidikan menyarankan, seluruh bantuan ternak anak ayam yang diberikan sejumlah 100 ekor untuk dikelola oleh TP.PKK Desa haruslah dirawat dengan baik supaya menghasilkan bagi kelompok TP.PKK Desa.

Setelah ayam berhasil dikembang biakkan selanjutnya akan di bagi oleh masing masing anggota dan para pengurus TP.PKK Desa minimal 20 ekor perorangnya yang selanjutnya di kembang biakkan lagi untuk mencapai hasil dan bisa memproduksi bagi masing masing anggota dan pengurus serta menjadi contoh bagi masyarakat luas di desanya masing masing.

Dijelaskan oleh Betti, bantuan ternak anak ayam yang di kelola oleh TP.PKK Desa Narumonda 1 sesuai dengan pengamatan dan pemantauannya sudah baik.

"Pastinya tidak mengecewakan dan perawatan untuk pemgurusan perkembangan anak ayam dari hasil yang saya lihat saat ini. Ayam sudah mulai dewasa pertumbuhannya baik dan sehat, berarti semua aturan proses perawatan sesuai dengan tatanan dan tahapan yang telah digariskan sudah dilaksanakan, karena dari jumlah yang diberikan 100 ekor yang mati hanya 9 ekor. Berarti tingkat keberhasilan dalam kepengurusannya sudah mencapai 85 %," jelasnya.

Dijelaskan Camat Kec.Siantar Narumonda melalui KASI PMD Kecamatan Jonni Pakpahan kepada Gosumut, seluruh peternak ayam yang menerima bantuan di arahkan dan diberikan motivasi cara beternak ayam yang lebih baik.

"Untuk kedepannya disarankan kepada kelompok ternak ayam TP PKK agar semua ternak yang mati dan apa penyebab matinya, sejak diumur berapa matinya ayam, kurang berkembangnya pertumbuhan ayam semuanya harus dicatat," imbuhnya.

"Semua data yang dihimpun oleh masing masing kelompok ternak TP PKK Desa harus dilaporkan kepada ketua Tim atau pengurus Kabupaten untuk menjadi data informasi dan selanjutnya data tersebut sebagai bahan evaluasi di hari hari selanjutnya," terangnya.*