BALIGE-Menjelang H-3 Natal 25/26 Desember 2018 dan H -9 untuk jelang Tahun Baru 1 Januari 2019 Balige mulai ramai oleh kendaraan yang berlalulang baik yang berlibur untuk di Daerah Kab.Toba Samosir maupun yang akan berkunjung dan berlibur ke Kabupaten lain.

Hal ini dijelaskan Kapolsek Balige AKP. Ruben Manalu saat dikomfirmasi GoSumut Sabtu (22/12/2018) di pusat kota Balige depan pos pengamanan Lalu Lintas tepatnya di depan tugu DI Panjaitan Balige. Arus mudik lalulintas jumlahnya sudah lumayan bertambah banyak dibanding dari hari hari sebelumnya walaupun tidak sampai bikin macet.

Dijelaskannya, mungkin untuk malam nanti dan esok hari hingga hari hari seterusnya tepatnya H - 3 untuk hari Natal 25/26 Desember 2018 dan H -9 untuk jelang Tahun Baru 1 Januari 2019 diperkirakan arus mudik lalulintas yang akan melintas di Jalinsum ( Jalan Lintas Sumatera) Balige Kab.Toba Samosir akan lebih padat lagi.

"Tentunya mengingat pada hari ini, sekolah sudah mulai libur jadi para warga yang akan mudik sebahagian sudah ada yang bergegas dan ada yang bersiap siap untuk keberangkatannya. Tingkat keramaian arus mudik ini nampak dari arus lalu lintas yang saat ini sudah mulai lumayan ramai dan banyak melintas dari Jalinsum pusat kota Balige," terangnya.

Sesuai dengan arahan dan perintah dari pimpinan Kapolres Toba Samosir AKBP Agus Waluyo.SIK, masing masing Polsek di tiap Kecamatan jajaran Polres Tobasa harus tetap waspada setiap saat, baik dalam pengamanan arus Lalu Lintas dan KAMTIBMAS.

Seluruh personil harus tetap siap siaga. Secara khusus para petugas pengamanan arus Lalu Lintas yang bertugas di tiap Posko Pengamanan Lalu Lintas di seputaran Jalan LIntas Sumatra (JALINSUM) Kab Toba Samosir jajajaran wilayah Hukum Polres Toba Samosir. "Untuk itu harus tetap melaporkan perkembangan situasi terkini kepada komando pusat informasi Polres Tobasa," jelasnya.

"Untuk mengantisipasi kemacetan, kita harus lebih pro aktif dalam pemantauan dan mengatur serta mengarahkan mobil mobil yang parkir di pinggir jalan kota Balige supaya jangan parkir terlalu berlama lama,"imbuhnya.

"Hal ini demi untuk mengantisipasi kemacetan yang berlebih mengingat Jalan Raya JALINSUM Kota Balige agak sempit dan jumlah arus mudik lalulintas nantinya akan bertambah banyak," tegas Kapolsek yang baru beberapa hari bertugas jadi Kapolsek Balige menggantikan Kompol.Tigor Sianipar ini.*