SERGAI-Polres Serdang Bedagai (Sergai) berharap perayaan natal dan pergantian tahun merupakan momen yang akan dimanfaatkan oleh masyarakat untuk berkumpul bersama keluarga, karena diiringi pula dengan penetapan libur nasional.

Realitas ini memberikan dampak signifikan terhadap kehidupan bermasyarakat, seperti terjadinya peningkatan itensitas kegiatan masyarakat, mobilitas moda transportasi, serta peningkatan kebutuhan pokok khususnya bahan pangan. Sehingga ini memunculkan potensi kerawanan yang baru menjadi perhatian kita bersama.

Hal ini disampaikan Kapolres Sergai, AKBP H. Juliarman Eka putra Pasaribu dalam membacakan amanat Kapolri pada apel Gelar pasukan Ops lilin Toba 2018. Tepatnya di Halaman Mako Polres Sergai di Seirampah, Sergai Jumat (21/12/2018) sekitar pukul 08:00WIB.

Dalam operasi lilin Toba 2018 Polri bersama segenap jajaran TNI dan Stakeholder sehingga terkait lainya siap mengamankan Operasi Kepolisian terpusat tersebut dengan melibatkan 167.783 personil pengamanan.

Dikatakannya, operasi Kepolisian terpusat ini dilaksanakan selama 10 hari sejak tanggal 23 Desember 2018 sampai dengan 1 Januari 2019. Sedangkan pada 13 Polda Prioritas 1 yakni Sumut, Lampung, Banten, Metro Jaya, Jabar, Jateng, DIY, Jatim, Bali, Sulut, Maluku, NTT, dan Papua diaman kegiatan operasi akan digelar selama 12 hari terhitung sejak 21 Desember 2018.

"Polri telah menginvertarisir beberapa potensi kerawanan diantaranya kejahatan konvesional yang meresahkan masyarakat, potensi aksi terorisme, swepping ormas dan aksi intoleransi, kecelakaan modal transportasi. Ketersediaan dan stabilitas harga pangan, serta kemacetan dan kecelakaan lalu lintas,"ungkapnya.

Terkait dengan aksi terorisme, lanjut Juliarman, satgas anti teror Polda jajaran perlu untuk ditingkatkan upaya preemtive strike terhadap seluruh jaringan pelaku teror untuk mencegah terjadinya aksi terorisme.

Untuk itu, Kapolres Sergai AKBP H. Juliarman Eka Putra Pasaribu menambahkan bahwa dalam Pelaksanaan Operasi Kepolisian Terpusat Lilin Toba 2018 Polres Serdang Bedagai akan melibatkan 208 Personil TNI/Polri dan Intansi terkait yang akan mengisi 7 Pos Pengamanan dan 1 Pos Pelayanan di Wilayah Hukum Polres Serdang Bedagai.

“Terima kasih kepada seluruh personil Polri, jajaran TNI, Pemerintah Daerah, serta para pemangku kepentingan lainnya yang selama ini telah bekerja dengan sungguh sungguh dalam memelihara stabilitas kamtibmas yang kondusif. Kerja sama dan Sinegritas yang sudah terjalin dengan baik ini dapat dipertahankan dan terus ditingkatkan,” Tutup Kapolres.*