LABUHANBATU - Sosialisasi dan workshop aplikasi Sisumaker Kabupaten Labuhanbatu bertujuan untuk memberikan inovasi tentang administrasi perkantoran berbasis elektronik dengan konsep paperless dengan komunikasi langsung maupun tidak langsung. Demikian dikatakan Asisten Adm Umum Setdakab H Amru, SE saat membacakan pidato tertulis Plt. Bupati Labuhanbatu H Andi Suhaimi Dalimunthe, Selasa (18/12/2018) pagi di Aula BKPP Labuhanbatu, saat membuka Sosialisasi dan Workshop Aplikasi Sistem Surat Masuk Keluar (Sisusmaker) di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu yang dilaksanakan Dinas Kominfo Labuhanbatu.

Katanya, dalam menjalankan Sisumaker perlu didukung dengan adanya perlengkapan pendukung (Hardware dan Softwere) serta sumber daya manusia yang mampu melaksanakan tugas dengan baik serta dana yang mencukupi untuk dapat menunjang kegiatan agar dapat berjalan dengan baik dan hasil yang maksimal.

Amru juga menjelaskan, dengan diadakannya kegiatan ini diharapkan ASN dapat lebih tanggap dan mampu beradaptasi dengan perkembangan situasi yang berkembang saat ini.

"Mengingat pentingnya Aplikasi Sisumaker, maka kami mengharapkan kepada seluruh peserta agar dapat mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh. Bila belum memahami, untuk tidak segan bertanya kepada narasumber mengenai hal-hal yang belum dipahami, begitu juga harapan saya agar dapat menggunakan fungsi Aplikasi Sisumaker di Lingkungan Kabupaten Labuhanbatu," jelas Amru.

Sekretaris Dinas Kominfo Labuhanbatu, Bonaran Tambunan dalam laporannya menjelaskan, maksud dan tujuan pelaksanaan sosialisasi ini adalah untuk mengoptimalisasi pemanfaatan TIK untuk pelaksanaan tugas dan fungsi di setiap Organisasi Perangkat Daerah, Penyerderhanaan sistem, prosedur, mekanisme dan kontrol kerja yang efektif serta Meningkatkan mutu layanan administrasi perkantoran di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu.

Bonaran juga menjelaskan bahwa sosialisasi dan workshop ini dilaksanakan selama 2 hari dari tanggal 18 s/d 19 Desember 2018 yang diikuti lebih kurang 70 orang peserta dari semua Organisasi Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu dengan narasumber berasal dari Kabupaten Serdang Bedagai.

Mantan Camat Bilah Hilir ini juga mengutarakan, adapun hasil yang diharapkan dari kegiatan Sisumaker ini yaitu, Terselenggaranya Sistem Surat Masuk Keluar (Sisumaker) di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu untuk mendukung kinerja para ASN agar lebih efektif dan efesien dalam menjalankan roda pemerintahan, kemudian Memodernisasi birokrasi pemerintahan yang antisifatif dan proaktif.

Acara pembukaan Sosialisasi dan Workshop Aplikasi Sisumaker tersebut turut dihadiri Kepala Dinas Kominfo Labuhanbatu H. Muhammad Ihsan Harahap dan Kasi Layanan E-Government & Layanan Aplikasi Genetik Vince Paulina Panjaitan, perwakilan Kepala OPD serta Camat.