JAKARTA - Pesta olahraga Asia tahun 2018 yang berlangsung di Indonesia telah usai. Indonesia memetik dwi sukses penyelenggaraan dan prestasi. Atlet tuan rumah yang berlaga pada Asian Games 2018 berhasil mengumpulkan 31 medali emas, 24 perak, dan 43 perunggu. Dengan pencapaian tersebut, kontingen Merah-Putih menduduki posisi keempat, di belakang China, Jepang, dan Korea Selatan. Sementara di Asian Para Games 2018, Indonesia meraih 37 medali emas, 47 perak, dan 51 perunggu. Dengan prestasi tersebut, Indonesia berada di bawah China, Korea Selatan, Iran, dan Jepang.

Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Republik Indonesia sebagai instansi pemerintah yang membidani pembinaan olahraga nasional, memberikan penghargaan dan apresiasi tinggi atas perjuangan pada atlet di dua pesta olahraga Asia tersebut. Tidak hanya berupa bonus untuk masa depannya.

Penghargaan lain yang diberikan adalah pada tanggal 18-20 Desember 2018 Kemenpora juga memberikan apresiasi terhadap para pejuang olahraga Indonesia dalam bentuk “Pameran Foto Pahlawan Olahraga Indonesia.”

Selain pameran foto aksi dan atlet Indonesia yang diambil oleh para fotografer Indonesia, pada kesempatan itu dua buku foto juga akan diluncurkan. Buku sejarah ini berisikan foto-foto atlet yang meraih medali di dua ajang pesta olahraga terakbar di Benua Asia tersebut.

Buku foto ini tidak diperjualbelikan dan akan didistribusikan untuk semua atlet peraih medali, perpustakaan, PB Induk Olahraga dan Media untuk dijadikan kenangan serta catatan sejarah perjalanan olahraga Indonesia. ***