PALAS - Diakhir kegiatan Kursus Kepemiluan,KPUD Kabupaten Padang Lawas (Palas) berharap pemilih pemula  dapat membangun  kesadaran politik pemilu bagi masyarakat  pada Pemilu Legislatif dan Pemilihan Presiden _Wakil Presiden 2019.

Ketua KPUD  Palas Amran Pulungan mengatakan, peserta  kursus  kepemiluan peserta didik atau pemilih pemula berjumlah 100 orang  yang berasal dari 20 sekolah tingkat SLTA.

"Kegiatan kursus berlangsung selama 5 hari diawali Senin dan berakhir Jum,at(14/12/2018) di sekretariat KPUD Palas Jalan Listrik Sibuhuan,"terang Amran.

"Perlunya menyosialisasikan kesadaran politik bagi pemilih pemula  kedalam nilai-nilai, norma-norma dan kebiasaan-kebiasaan dasar dalam kehidupan kemasyarakatan,"katanya.

Kata Amran, tujuan  dari  kursus ini memberikan pendidikan tentang tingkat kesadaran pemilih pemula sebagai generasi penerus. Oleh karena itu ,lanjut Amran , kesadaran masyarakat umumnya masih ditentukan oleh pendidikan politik yang diterima oleh masyarakat, khususnya pemilih pemula.

Menurut Ketua KPUD,  intensitas pendidikan demokrasi  politik pemilihan umum  yang diterima oleh masyarakat atau pemilih pemula untuk memberikan hak suaranya dengan benar.

Komisioner KPUD Palas, Parman Nasution.ST ,Divisi SDM mengatakan kursus kepemiluan sebagai  proses pendidikan dalam  interaksi politik sebagai bagian masyarakat pemilih pemula dalam Pemilu.

Melalui kegiatan kursus  yang  berlangsung selama 5  hari ini ,tambah Parman, diharapkan proses pembelajaran untuk memahami demokrasi politik sebagai  momentum meningkatkan  partisipasi politik.

Pendidikan politik perlu ditingkatkan sebagai kesadaran dalam berpolitik akan hak dan kewajiban sebagai warga negara, sehingga pemilih pemula  diharapkan ikut serta secara aktif dalam kehidupan kenegaraan dan pembangunan.*