LABUHABATU - Kapolres Labuhanbatu, AKBP Frido Situmorang turut berjibaku mengevakuasi korban akibat jembatan penyeberangan roboh usai dihantam 1 batang pohon kelapa sawit, Jumat (14/12/2018) sekira pukul 09.00.

Jembatan penghubung itu terletak di Lingga Hara 1 di Dusun Tebing Linggahara 1, Desa Tebing Linggahara, dengan Lingga Hara II, Kecamatan Bilah Barat, Kabupaten Labuhanbatu.

Tak hanya Kapolres Labuhanbatu, AKBP Frido Situmorang, Plt Bupati Labuhanbatu, Andi Suhaimi dan tim penanggulangan bencana daerah (BPBD), juga turut berjibaku mengevakuasi warga yang menjadi korban jembatan roboh.

"Tidak ada korban jiwa, hanya saja saya menghimbau kepada seluruh masyarakat tidak melakukan aktivitas di aliran sungai," singkat Kapolres.

Berdasarkan laporan yang diterima dari BPBD Labuhanbatu, 9 warga menjadi korban terbawa arus. Ke-9 warga itu kini masih dalam perawatan di RSUD Labuhanbatu.

1. Sandi Purnama (20) warga Dusun VI Desa Simpang Empat, Kecamatan Marbau (Korban selamat sekarang sedang dirawat di RSUD Labuhanbatu)

2. Suyatno (43) warga Dusun VI Desa Simpang Empat, Kecamatan Marbau (Korban selamat sekarang sedang dirawat di RSUD Labuhanbatu)

3. Dona Batubara warga Dusun Hatinar, Desa Tebing Linggahara I, Siswi SMP Negeri Gunungraya (Korban selamat sedang mendapatkan perawatan)

4. Predi Yohandi Siregar warga Simpang Mangga (Siswa SMA N 2 Pangkatan) korban selamat sedang mendapatkan perawatan.

5. Predo Yohando Siregar warga Simpang Mangga (Siswa SMA N 2 Pangkatan) korban selamat sedang mendapatkan perawatan.

6. Sahbudin (45) warga Dusun Parlaisan, Desa Tebing Linggahara, Kecamatan Bilah Barat (korban selamat sedang mendapat perawatan)

7. Tamrin (44) warga Dusun Hatinar, Desa Tebing Linggahara, Kecamatan Bilah Barat (Korban selamat sedang mendapatkan perawatan)

8. Ihsan warga Dusun Tebing Linggahara Baru, Kecamatan Bilah Barat (korban selamat sedang mendapatkan perawatan)

9. Tua Ritonga warga Dusun Tebing Linggahara Baru, Kecamatan Bilah Barat (korban selamat sedang mendapatkan perawatan)

Informasi yang diterima, penyeberangan titi rambing (jembatan gantung) yang menghubungkan antara Desa Tebing Linggahara I dengan Tebing Linggahara II, Kecamatan Bilah Barat, Kecamatan Labuhanbatu, telah terputus diakibatkan datang 1 batang pohon kelapa sawit yang menghantam titi penyeberangan (titi Rambin).

Selanjutnya, saksi Sakti Siregar sedang berada di tengah titi rambin melihat kenaikan debit air sungai bilah dan pada saat bersamaan sedang melintas 6 unit sepeda motor untuk menyeberang dari Desa Tebing Linggahara I menuju Desa Tebing Linggahara II yang diperkirakan orang yang sedang berada di tengah jembatan sebanyak lebih kurang 15 orang sambil berfoto-foto melihat debit air yang begitu tinggi.

Kemudian, tiba - tiba titi rambing goyang dan saksi berlari menuju pinggir jembatan. Selanjutnya titi rambin di hamtam 1 batang pohon kelapa sawit yang hanyut terbawa arus, sehingga tali penyangga titi rambing tersebut putus dan titi rambing langsung terbalik dan orang yang berada diatas jembatan titi rambin terjatuh dan terbawa arus sungai. Saksi melihat seorang siswi SMP terbawa arus.

Sekira pukul 10.00, Kapolres Labuhanbatu, AKBP Frido Situmorang beserta personel Polres Labuhanbatu dan diikuti Plt Bupati Labuhanbatu, H. Andi Suhaimi serta Kodim 0209 LB dan BPBD Labuhanbatu serta masyarakat mendatangi lokasi kejadian sekaligus melihat situasi di sekitar.

Sampai saat ini, diduga masih ada korban yang hanyut dan dilakukan pencarian oleh Tim SAR BPBD Labuhanbatu.