PALAS -Meningkatkan peran serta partisipatif  pemilih pemula pada Pemilu serentak Legislatif dan Presiden dan Wakil Presiden tahun 2019 KPUD Palas  menggelar Kursus Kepemiluan,Kamis(13)12/2018) di sekretariat KPUD Jalan Listrik Sibuhuan.

    Ketua KPUD Palas Amran Pulungan didampingi narasumber Ketua PWI Perwakilan  Kabupaten Palas H.Idham Butar-Butar  mengatakan, kegiatan kursus ini bertujuan memberikan pemahaman  dan wawasan kepada adik-adik agar paham tentang  tahapan pemilu dan pengetahuan berkaitan dengan  pesta demokrasi.

"Diharapkan, adik peserta yang mengikuti kursus kepemiluan  bisa menjadi Agent of Change dan berperan aktif dalam berpartisipasi  mengadopsi  pengetahuan pemilu yang berkualitas dan bermartabat ,"terang Amran.

"Melalui kegiatan ini diharapkan, bisa menambah wawasan adik adik dalam partisipatif pemilu merupakan satu -satunya mekanisme pergantian kekuasaan yang sah didalam negara hukum dan menganut paham demokrasi," kata Idham.

   Ditambahkan Idham, kesuksesan pemilu diukur dari peran serta masyarakat dan  pemilih pemula ."Tugas KPU tidak hanya memberikan pengetahuan kepada rakyat tapi lebih dari itu agar pengetahuan menjadi modal dasar rakyat untuk menentukan pilihan,"ungkap Ketua PWI Palas.

Sebelumya  Komisoner KPUD  Divisi SDM dan Parmas Parman Nasution ST  mengatakan, melalui kursus ini materi yang disampaikan adalah, memberikan  ilmu dalam pemilu, Nilai partisipasi dalam pemilu, rakyat berperan dalam pendidikan pemilih dan memantau pelaksanaan pemilu.

Selain, itu tambah Parman,  tujuan partisipasi masyarakat dan pemilih pemula adalah menyebarluaskan informasi mengenai tahapan jadwal dan program pemilihan, meningkatkan pengetahuan,pemahaman dan kesadaran masyarakat tentang hak dan kewajiban dalam pemilihan dan meningkatkan partisipasi pemilih dalam pemilihan.

"Hari ini merupakan gelombang  ke 4 yang diikuti sebanyak 20 siswa berasal dari 4 sekolah yaitu Al Halimah, Ribiul Islam,SMK Al Habibi dan SMA Abdi Utama ,"kata Parman.

Sosialisasi tentang kursus kepemiluan ini,tambah dia , sesuai PKPU Nomor : 10/2018 tentang sosialisasi kepemiluan dalam tahapan pemilu 2019 .Dengan Pemateri Komisioner KPUD Palas Atas Siregar dan Staf KPUD Dedi sebagai pemateri.

Adapun materi yang disampaikan  berkaitan tentang penegakan hukum pemilu, prinsip dasar partisipasi dalam pemilu oleh narasumber Ketua PWI Perwakilan Palas H.Idham Butar-Butar dan Komisioner Divisi Hukum Indra Syhabana Nasution.SH.

Diakhir kegiatan kursus kepemiluan peserta diberikan sertifikat oleh  KPUD Kabupaten Palas.*