PALAS- Jemaah pengajian Amaliah Akbar dari berbagai penjuru dan desa memadati lapangan bola Desa Pagursatio,Kecamatan Barumun Selatan  untuk mengikuti kegiatan pengajian bulanan secara bergilir yang dilaksanakan disetiap  kecamatan.

Kegiatan pengajian ini merupakan agenda rutin Pemerintah Kabupaten Padang Lawas (Palas)  yang dilaksanakan setiap bulannya  secara bergantian.

Kecamatan Barumun Selatan mendapat giliran Desember untuk kegiatan pengajian Amaliyah Akbar, Selasa (11/12/2018)  Selain kegiatan pengajian, juga dirangkai pemberian santunan kepada siswa-siswa yatim dan ceramah agama  oleh Al Ustaz Syahrul Effendi Siregar yang sengaja diundang dari Kota Medan.

Sambutan Bupati Palas H.Ali Sutan Harahap (TSO) dibacakan Wakil Bupati drg.H.Ahmad Zarnawi Pasaribu CHt MM M.Si. "Ibu-ibu pengurus dan anggota Amaliyah Akbar mulai dari tingkat desa  sampai kecamatan, terus menggalakkan pengajian yang telah terbina selama ini,"ungkapnya.

Dengan demikian, kata Wabup, cita-cita untuk mewujudkan Kabupaten Palas menjadi daerah yang baldatun thayyibatun warabbun ghafur dapat terwujud di Kabupaten Palas  Bercahaya.

Kata Wabup mengingatkan,  faktor lingkungan berkuasa atas pembentukan karakter anak dan lahirnya pemimpin yang cerdas dan amanah di masa depan.

  Menurut H.Ahmad Zarnawi , proses pendidikan yang diberikan kepada anak-anak saat ini dalam upaya  menciptakan generasi muda cerdas, beriman, berbudi luhur dan berakhlak mulia.

"Mari kita  galakan pengajian Amaliyah Akbar menjadi majelis ilmu yang bermanfaat bagi masyarakat dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Karena ibadah tanpa  ilmu akan menjadi sia-sia,” katanya.

Camat Barumun Selatan Abdul Rivai Pane SH mengatakan, pengajian ini jangan  sebagai kegiatan seremonial saja."Mari kita maknai  untuk membentuk karakter  sikap dalam beragama  sebagai identitas, tetapi  mencerminkan arti yang bermanfaat bagi  diri sendiri dan kehidupan bermasyarakat," katanya.*