PALAS-Pemkab Padang Lawas (Palas) memperingati Pencanangan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke 46 dan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM),dipusatkan di desa Gonting Julu,Kecamatan Huristak  Senin(10/12/2018).

Wakil Bupati Palas drg.H.Ahmad Zarnawi Pasaribu.CHt.MM.M.Si mengatakan pelaksanaan bulan Bakti gotong royong merupakan kegiatan dalam berbagai bidang pembangunan yang diarahkan pada penguatan persatuan dan kesatuan masyarakat.

Meliputi bidang kemasyarakatan,ekonomi, sosial, budaya dan agama. Gotong royong yang tumbuh dan berkembang dalam masyarakat merupakan bagian dari sistim nilai budaya bangsa yang perlu dilestarikan untuk memperkuat integritas sosial.

"Peran serta masyarakat melalui peningkatan partisipasi masyarakat  pembangunan yang perlu dilestarikan dan bukan hanya sebagai seremonial saja,"kata Wabup.

Kegiatan bulan bakti gotong royong bertujuan mempercepat proses keseimbangan pembangunan di seluruh wilayah kabupaten Palas.

Oleh karena itu,kata Wabup, dalam pelaksanaannya sangat membutuhkan dukungan partisipasi dari seluruh komponen masyarakat sehingga program pembangunannya berasal dari rakyat untuk rakyat dan dilaksanakan oleh rakyat.

Dengan begitu,lanjut Zarnawi, diharapkan bermanfaat bagi kepentingan orang banyak agar masyarakat merasa memiliki dan bertanggungjawab dalam melaksanakan pemanfaatannya dan melestarikan hasil pembangunan.

"Kita lakukan akselarasi program PKK untuk mewujudkan visi misi gerakan PKK dalam rangka memberdayakan dan meningkatkan kesejahteraan keluarga ,meningkatkan motivasi dan kesadaran kader dan masyarakat untuk lebih mampu melaksanakan program PKK serta terus aktif mendukung kegiatan  mensejahterakan masyarakat lebih baik,"ujarnya.

Wabup berharap melakui peringatan  bulan bakti gotong royong,mari tumbuhkan semangat dan  peran aktif masyarakat dalam membangun integritas sosial. "Bulan bakti gotong royong diperlukan untuk membangun kembali kegotongroyongan dan meningkatkan kembali rasa kepedulian akan lingkungan sekitar,"tandasnya.

Dipenghujung kegiatan peringatan HKG dan BBGRM Wakil Bupati menyerahkan bantuan pemerintah berupa beco dan peralatan lainnya kepada kelompok masyarakat.*