SERGAI-Puluhan buruh pekerja di PT. Gotong Royong Jaya Perkebunan Mandaris A melakukan Mogok Kerja dan mengeluarkan pendapat dimuka umum bersama Serikat Pekerja F.SPMS dan PERBBUNI, mereka melakukan gelar aksi di tiga Kantor Pemerintah Kabupaten Serdangbedagai (Sergai).

Dalam orasi tersebut puluhan pekerja buru membawa dengan menggunakan alat peraga sound sistem, bendera/spanduk dan tali pembatas dan ikat pinggang dengan menggunakan kendaraan roda empat dan roda dua dengan menggunakan Toa.

Selain itu, Pihak orasi para buruh juga dengan pengawalan ketat dari pihak Intelkam Kepolisian Polres Sergai dan dibantu Personil Satlantas untuk mengatur lalu lintas agar tidak terjadi kemacetan.

Awal orasi puluhan buruh dilakukan di tiga kantor Pemkab Sergai yang pertama di Kantor Bupati Sergai dan dilanjutkan di Kantor Dinas Tenaga Kerja dan Terakhir di Kantor DPRD Sergai.

Ketua PERBBUNI, Nasib didampingi Ketua F.SPMS, Juniardi dalam orasinya mengatakan pihaknya dari dua serikat pekerja PERBBUNI dan F.SPMS dan buruh lain seperti pensiun Anemer di PT. Gotong Royong Jaya Mendaris A dengan ini memberitahukan pihak nya mogok kerja.

"kepada bapak dan ibu tentang rencana kami melakukan mogok kerja dan mengeluarkan pendapat dimuka umum. Bahwa hal ini kami lakukan sehubungan dengan belum dibayarnya gaji mulai akhir bulan Oktober 2018 masih 25 % teralisasi. Dan belum dibayarnya juga akhir bulan November 2018." ucapnya.

"Bahwa aksi mogok kerja dan mengeluarkan pendapat dimuka umum tersebut akan kami lakukan pada 3 (tiga) tahap yang pertama tahap I di Kantor Dinas Tenaga Kerja, Kantor Bupati Sergai dan dilanjutkan Kantor DPRD Sergai. Selain itu, Kami akan melakukan tahap II dan III, tepatnya pada hari Jumat (11/12/2018) bertempat Areal pabrik Crumb Rubber PT. Goyong royong Jaya Mandaris A," cetusnya.

Dalam orasi puluhan buruh pekerja PT. Gotong Royong Jaya perkebunan Mandaris A di Kantor Dinas Tenaga Kerja langsung perwakilan para buruh diajak melakukan mediasi secara langsung dipimpin Kepala Dinas Tenaga Kerja, Drs.Nasrul Aziz Serigar didampingi para kabid Tenaga Kerja diruang kerjanya.

"Hal ini hasil kesepakatan kita bersama antara para buruh pekerja dan kita akan melakukan mediasi lagi pada hari kamis oleh Pihak Perusahaan PT. Gotong Royong Jaya perkebunan Mandaris A. Apa bila tidak selesai juga akan kita teruskan ke Upt Pengawasan Keternagakerjaan tingkat Propinsi untuk ditindak lanjuti," ucapnya kepada Kepala Dinas Ketenagakerjaan, Drs. Nasrul Aziz Serigar.

Menurut informasi, puluhan buruh pekerja PT.Gotong Royong Jaya perkebunan Mandaris A juga melakukan orasi di Kantor DPRD Sergai dan secara langsung juga dilakukan mediasi oleh perwakilan para buruh pekerja oleh Wakil Ketua DPRD dan Seluruh Anggota DPRD Sergai.*