PALAS-KPUD Kabupaten Padang Lawas (Palas) menggelar Kursus Kepemiluan pada Pemilu Serentak Legislatif dan Presiden dan Wakil Presiden tahun 2019 di sekretariat KPUD Jalan Listrik Sibuhuan,Senin(10/12/2018).

Ketua KPUD Palas ,Amran Pulungan didampingi narasumber A.Rizal Effendi Daulay ,Dimisioner KPUD Palas  Priode 2008-2013 mengatakan, kegiatan kursus ini bertujuan memberikan pemahaman  dan wawasan kepada Adik-adik agar paham tentang  tahapan pemilu dan pengetahuan berkaitan dengan  pesta demokrasi.

"Diharapkan adik peserta yang mengikuti kursus kepemiluan bisa memahami dan sekaligus  dapat mengadopsi pengetahuan kepemiluan ,"terang Amran.

  Untuk.itu ,lanjut Amran, peserta kursus harus  paham tentang tahapan pemilu itu sampai penyelesaian persoalan sengketa pemilu.

"Melalui kegiatan ini diharapkan bisa menambah wawasan adik adik dalam pemahaman tentang pemilu,"katanya.

  Sebelumya  Komisoner KPUD  Divisi SDM dan Parmas Parman Nasution ST  mengatakan melalui kursus ini memberikan  ilmu dalam pemilu,karena persoalan nyata yang harus dihadapi dalam setiap  pemilu.

Dikatakannya, kegiatan  kursus kepemiluan dilaksanakan untuk lima gelombang. "Hari ini merupakan gelombang pertama yang diikuti sebanyak 20 siswa berasal dari 4 sekolah yaitu SMA N1 Barumun ,SMK N 1 Barumun ,MAN Sibuhuan dan Mas Al Mukhlisin Sibuhuan,"kata Parman.

Sosialisasi tentang kursus kepemiluan ini,tambah dia , sesuai PKPU Nomor : 10/2018 tentang sosialisasi kepemiluan dalam tahapan pemilu 2019 .Dengan Pemateri Kimisioner KPUD Palas Atas Siregar dan Staf KPUD Dedi sebagai pemateri.

Adapun materi yang disampaikan  berkaitan tentang penegakan hukum pemilu, prinsip dasar partisipasi dalam pemilu, prinsip dasar pemilu yang jujur dan adil,tahapan pemilihan umum.

Diakhir kegiatan kursus kepemiluan ,para peserta diberikan sertifikat oleh pihak KPUD Palas.*