ASAHAN-Kapolres Asahan AKBP Faisal F Napitupulu SIK MH menegaskan kebudayaan harus dilestarikan.

Hal itu dikatakan orang nomor satu di Mapolres Asahan didampingi Kabag Sumda Kompol Anderson Siringoringo saat menghadiri sekaligus membuka Festival Kuda Kepang Pujakesuma Asahan 2018, Sabtu (8/12/2018) di Lapangan Adhi Pradana Polres Asahan.

Festival kebudayaan tersebut digelar selama 2 hari, dalam rangka melestarikan kesenian tradisional Jawa dan memperebutkan trophy Kapolda Sumatera Utara, Kapolres Asahan, Ketua Pujakesuma dan Ketua GM Pujakesuma. "Jangan malu jadi orang Indonesia, jangan malu jadi orang Jawa dan jangan malu jadi orang Batak. Oleh karenanya kita harus melestarikan kebudayaan," ujar AKBP Faisal Napitupulu saat membuka Festival Kuda Kepang Pujakesuma Asahan 2018.

Selain itu, Alumnus Akpol Tahun 1999 ini juga mengaku terkesima dengan semangat para peserta yang hadir.

Karena itu, ia berharap semoga ajang ini menjadi jembatan dan semakin mengikat persaudaraan serta silaturahmi yang sudah terjalin dengan baik selama ini. "Kita harus bangga dan harus berkomitmen menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Mudah-mudahan acara seperti ini dapat diselenggarakan ke tingkat yang lebih tinggi seperti festival tingkat provinsi Sumatera Utara," pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Lomba Kuda Kepang Pujakesuma Asahan 2018, Wage Trimana mengatakan, perlombaan tersebut memperebutkan Piala Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Drs Agus Andrianto SH MH. "Ada 20 grup yang ikut dalam perlombaan yang digelar selama dua hari sejak tanggal 8-9 Desember 2018," ujar Wage Trimana saat dikonfirmasi di sela-sela acara.

Menurut Wage, Kuda Kepang merupakan salah satu kesenian tradisional suku Jawa yang perlu dilestarikan keberadaannya. "Siapa lagi yang melestarikan budaya Jawa kalau tidak orang Jawa sendiri," kata Wage yang juga salah satu sesepuh Pujakesuma Kabupaten Asahan.

Bangga kepada Kapolres Asahan

Di tempat yang sama, Ketua GM Pujakesuma, Iptu Rianto SH MAP yang juga pembina grup Kuda Kepang Asahan mengatakan, pihaknya bangga kepada Bapak Kapolres Asahan AKBP Faisal F Napitupulu yang berkenan hadir membuka acara ini. "Kita patut berterimakasih dan bangga kepada Bapak Kapolres yang berkenan hadir sekaligus membuka acara Festival Kuda Kepang Pujakesuma Asahan 2018," kata Rianto.