PALAS-Pemkab Padang Lawas  (Palas) melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) bekerjasama dengan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) menggelar rapat koordinasi pembinaan umat beragama ,Kamis (6/12/2018) di aula Hotel Al Marwah Sibuhuan.

Bupati Palas H.Ali Sutan Harahap (TSO) disaksikan Sekda  Arpan Nasution S.Sos sekaligus membuka kegiatan rakor mengatakan, peran strategis FKUB memiliki peran penting dalam membangun kerukunan umat beragama serta penanganan  permasalahan dalam masyarakat.

"FKUB sebagai  mediator dalam penangganan perselisihan dimasyarakat untuk  kepentingan semua golongan dan agama ,"katanya.

Dikatakan, kerukunan umat beragama adalah  hubungan sesama umat beragama dilandasi toleransi, saling pengertian, saling menghormati, menghargai kesetaraan dalam pengamalan ajaran agamanya dan kerjasama dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan beragama didalam negara kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Ketua FKUB Kabupaten Palas Abdul Haris mengatakan, rakor ini bertujuan merawat persaudaraan."Jaga persaudaraan untuk Palas yang aman dan damai sesuai tema kegiatan,"imbuhnya.

Kata Abdul Haris , kemerdekaan memeluk  agama sudah dijamin oleh negara. "Pemerintah berkewajiban melindungi penduduk dalam melaksanakan ajaran agama dan ibadat, sepanjang tidak bertentangan dengan peraturan perundang-undangan, tidak menyalahgunakan atau menodai agama serta tidak mengganggu ketentraman dan ketertiban umum," imbuhnya.

Dikesempatan itu narasumber kegiatan rakor pembinaan kerukunan kehidupan beragama dari FKUB Provinsi Sumut Prof .Dr.H.Fachruddin Azmi .M.Si dan Drs.H.Sotar Nasution melaksanakan dialog tanya jawab dengan pserta.

Fachruddin Azmi berharap melalui kegiatan rakor ini menghasilkan komitmen bersama dalam meningkatkan dan memantapkan peran FKUB ditengah masyarakat.

Karena peran FKUB, tambah dia,dituntut kreatif ,motivatif dan parsipatif dalam menyikapi berbagai perkembangan arus globalisasi yang begitu serba cepat dan modern sehingga kita tidak lengah dengan perubahan kemajuan zaman.

"Norma-norma masyarakat dan kultur budaya harus terus dijaga dengan baik ditengah kehidupan  bermasyarakat," katanya.

Tampak hadir dikegiatan rakor Kakan Kesbang Palas Gojali SE, Plt Kabag Kesra Musa Irwan ,Perwakilan.Kemenang Palas., Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Ormas, OKP dan mewakili semua organisasi keagamaan dengan  jumlah peserta 100 orang.*