LANGKAT - Perempuan, memegang kunci penguatan dalam ketahanan keluarga untuk melahirkan individu-individu bangsa yang unggul dan berkarakter.

Hal tersebut disampaikan Wakil Ketua DPD RI, Prof. Dr. Ir. Hj. Darmayanti Lubis dalam acara Silaturahmi dan Diskusi Publik dengan tema Peran Perempuan dalam Ketahanan Keluarga yang diselenggarakan oleh Pengurus Pengajian Al – Hidayah Kecamatan Secanggang Kabupaten Langkat Sumatera Utara yang di hadiri oleh kurang lebih 1.000 orang Jamaah Pengajian Perempuan Al-Hidayah di Masjid At –Taubah Desa Selotong Secanggang Langkat.

Darmayanti Lubis yang juga merupakan Senator DPD RI dapil Sumatera Utara ini mengatakan perempuan bisa menjadi mitra yang setara bagi laki-laki dalam membentuk ketahanan keluarga. Ketahanan keluarga, imbuh Darmayanti Lubis, menentukan keberhasilan pembangunan nasional karena keluarga melakukan pengasuhan terhadap individu.

"Pola masyarakat ditentukan oleh masyarakat, ketahanan dan kualitas keluarga akan mempengaruhi kualitas individu dan kualitas bangsa ke depan. Keluarga merupakan wadah menyemai kasih sayang, sumber daya materi dan sumber daya waktu dalam membesarkan dan membentuk anak-anak bangsa yang berkarakter," ujar Darmayanti Lubis.

Saat ini perempuan selain berperan dalam keluarga, perempuan berpeluang berkontribusi pada lingkungan. Kesadaran akan posisi yang setara dengan laki-laki mengharuskan perempuan meningkatkan kualitas hidup dan potensi yang dimiliki.

Lanjut Darmayanti Lubis, peran perempuan bermakna ganda. Menyiapkan generasi penerus yang unggul, berdaya saing dan nasionalis, dan berkontribusi pada bangsa. Perempuan tidak bisa ditinggalkan dalam menyukseskan agenda tujuan pembangunan berkelanjutan (sustainable development goals/SDG's).

Sementara itu Wakil Ketua pengajian Al Hidayah se Kabupaten Langkat Nurjani, S.Pd ketika ditanya maksud dan tujuan acara ini diselenggarakan mengatakan untuk memberikan pencerahan dan tambahan wawasan kepada para jamaah Pengajian Al-Hidayah pentingnya peranan perempuan dalam ketahanan keluarga, karena perempuanlah yang akan melahirkan generasi-generasi bangsa yang islami dan berkarakter.

‘’Dengan hadirnya Prof. Dr. Ir. Hj. Darmayanti Lubis yang juga adalah Senator Perempuan dari Sumatera Utara, menjadi motivasi dan inspirasi bagi perempuan khususnya di Kecamatan Secanggang Kabupaten Langkat bahwa peranan perempuan tidak hanya sebatas sumur, dapur dan kasur,’’ujarnya.

Acara tersebut dihadiri pula oleh unsur Muspida Kecamatan Secanggang Kabupaten Langkat, Polres Kecamatan Secanggang dan seluruh Pengurus Pengajian Al – Hidayah se Kabupaten Langkat. Selanjutnya acara Silaturahmi dan Diskusi Publik dengan tema Peran Perempuan dalam Ketahanan Keluarga ini di tutup dengan tausiah oleh Ustad H. Irvan Yusuf.***