PALAS-Program Inovasi Desa Guna bertujuan tingkatkan kualitas penggunaan Dana Desa dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

  Demikian ditegaskan  Bupati Palas H.Ali Sutan Harahap (TSO) kepada para kepala desa  agar mendorong Program Inovasi Desa (PID) Tahun 2018 di Kabupaten Padang Lawas (Palas). Ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan inovasi desa belum lama ini.

Menurut Bupati ,  Program pembangunan peningkatan inovasi dapat menunjang kemandirian desa dengan menghasilkan sumber pendapatan desa.

“Program Inovasi Desa  merupakan  hasil karya desa yang didayagunakan sebagai pengetahuan secara meluas.Dalam pertukaran informasi yang diterapkan   di masing-masing desa,” kata TSO.

Pada prinsipnya,lanjut TSO,  tujuan penting dari  Program Inovasi Desa  untuk meningkatkan kualitas penggunaan dana desa yang lebih baik dan selaras dengan tujuan pembagunan desa yang mandiri.

Bupati berharap kedepan Kepala Desa  peka terhadap kebutuhan masyarakat yang berada di desa yang dipimpinnya sehingga perencanaan pembagunan desa menyentuh kepentingan warga.

“Kepala desa harus mampu  membangun kapasitas desa dalam peningkatan  perekonomian masyarakat desa serta  pendapatan perdesaan yang  sesuai dengan potensi yang ada di desa masing-masing,” tandas TSO.*