PALAS- Bupati Kabupaten Padang Lawas (Palas) H.Ali Sutan Harahap(TSO) memberikan piagam penghargaan terbaik kepada empat kepala desa pengelola dana desa.

Piagam penghargaan itu diberikan kepada Kepala Desa Galabonang ,Kecamatan Huristak Sumbu Somba Hasibuan sebagai kategori desa terbaik dalam menggunakan dana desa inovatif dibidang infrastuktur.

Desa ini dinilai berhasil meningkatkan hasil panen persawahan masyarakat karena telah membangun bendungan irigasi dengan sistim penampungan air pengairan persawahan.

Selanjutnya Kepala Desa Ujung Batu III ,Kecamatan Hutarajatinggi ,Mardi sebagai kategori desa inovatif yang menggelola teknologi tepat guna ,karena dinilai telah berhasil menciptakan mesin pencacah rumput pakan ternak.

Keberhasilan itu dinilai telah meningkatkan penyediaan pakan ternak di desa ujung batu III dalam memberikan suplemen bagi ternak.

Serta 2 dua  desa lainnya , Desa PIR Trans Sosa II ,sebagai kategori desa pengelolaan management Bumdes terbaik karena dinilai berhasil mengembangkan usaha Budi daya ikan lele yang telah berhasil memberikan pundi pendapatan desa.

Terakhir Desa Paranjulu ,Kecamatan Aek Nabara Barumun sebagai kategori desa terbaik dalam pelaksanaan pengelolaan padat karya tunai tahun 2018.

"Mendorong motivasi untuk pengelola dana desa yang memberikan manfaat bagi masyarakat perlu dicontoh dari empat desa ini,karena pengelolaannnya memberikan kontribusi yang bermanfaat guna untuk kemajuan desa dan masyarakat,"harap Bupati TSO disela pemberian piagam penghargaan pada kegiatan bursa inovasi desa Pemkab Palas di Komplek Perkantoran SKPD Terpadu Sigala-gala ,Kecamatan Barumun.

Selain itu, Bupati TSO berharap para Kepala Desa dapat meningkatkan pengelola dana desa menuju inovasi desa yang dapat diimplementasikan untuk kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat ,sehingga mewujudkan desa mandiri.

Kata TSO, para kepala desa harus mampu mengembangkan potensi desa untuk dikembangkan menjadi sumber pendapatan desa dalam pemberdayaan masyarakat yang meningkatkan kemajuan desa untuk mewujudkan peningkatan ekonomi kerakyatan yang merata.

Selain menerima piagam penghargaan, keempat Kepala Desa ini mendapatkan hadiah Werlest dari pihak perbankan BRI Cabang Sibuhuan dan Bank Sumut Sibuhuan.*