LABUHANBATU - Pembina Yayasan PAUD Terpadu Kartini Rantauprapat, Hj. Rosmanidar Hasibuan Andi Suhaimi mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Labuhanbatu atas bantuan “Taman Abjad” yang telah diberikan kepada sekolah PAUD Terpadu Kartini.
Ungkapan tersebut diutarakannya langsung kepada Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Labuhanbatu Ir. H. Leo Sunarta Marpaung, M.MA beserta jajarannya, Jumat (30/11/2018) pagi dalam acara Pengenalan Budaya Literasi Kepada Anak Usia Dini dan Peresmian “Taman Abjad” di Sekolah PAUD Terpadu Kartini yang berlokasi di Jalan Wr. Soepratman Rantauprapat.

"Tentu ini merupakan satu penghargaan yang luar biasa, ternyata masih ada Dinas yang mau memperhatikan dan peduli dengan sekolah ini, tentunya bantuan ini akan menjadi motivasi bagi kemajuan PAUD ini, harapan kami kiranya kedepan PAUD ini akan semakin berkembang dan maju," kata Hj. Rosmanidar hasibuan Andi Suhaimi yang juga sebagai Bunda PAUD Kabupaten Labuhanbatu.

Disebutkannya, dunia anak usia dini adalah dunia bermain, aktif, kreatif, spontan. Dunia yang riang gembira, mereka membutuhkan tempat yang bersih dan nyaman, PAUD ini merupakan tempat mereka belajar dan berinteraksi serta bersosialisasi dengan teman sebayanya.

"Kami sangat berkeinginan membuat PAUD ini maju. Untuk itu kami membutuhkan bantuan-bantuan lainnya dari dinas-dinas yang ada di Kabupaten Labuhanbatu ini, agar kebutuhan anak-anak didik di sini terpenuhi," ucapnya.

Berhubung karena Yayasan PAUD Terpadu Kartini ini adalah milik dan aset Pemerintah Daerah, oleh karena itu, ini merupakan tanggung jawab bersama.

"Maka pada kesempatan ini saya selaku Pembina Yayasan PAUD Terpadu Kartini mengajak para unsur Pemerintahan/OPD melalui programnya dapat berpartisipasi ikut serta membangun PAUD ini agar kedepan PAUD ini bisa lebih maju dan berdaya, seperti yang telah dilakukan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan pada hari ini," jelas Hj. Rosmanidar Hasibuan Andi Suhaimi.

Sementara, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Labuhanbatu Ir. H. Leo Sunarta Marpaung dalam sambutannya mengatakan, bantuan yang diberikan ini merupakan tanggungjawab moral mereka sebagai Dinas Perpustakaan dan Kearsipan yaitu unit dari Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu.

"Di mana kami dalam hal ini mengenalkan dunia literasi yaitu keinginan membaca dan menulis kepada anak-anak kita yang usia dini," bilangnya.

Apalagi, sambungnya, dalam 20 atau 30 tahun mendatang, akan dipetik hasilnya dan inilah calon-calon pemimpin bangsa.

"Pada kesempatan ini kami dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan menyumbangkan “Taman Abjad” dari A sampai Z. Ini adalah muatan-muatan yang dapat mengingatkan kepada anak-anak bahwa membaca itu adalah sangat penting, dari dini lah kita mulai mengenalkan kepada mereka bahwa literasi itu sangat berguna dalam kemampuan membaca dan menulis bagi anak-anak yang bermanfaat nanti untuk kita sekalian," jelas Ir. H. Leo Sunarta Marpaung, M.MA.

Selain itu, pihaknya juga memberikan hiburan kepada anak-anak melalui Kampung Dongeng yang merupakan mitra Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, kami melakukan roat show sebagaimana mengenalkan dan membudayakan membaca melalui mendongeng, sehingga dapat merekat di dalam pikiran mereka, makanya mereka menyumbangkan atau menghibahkan “Taman Abjad”, kiranya ini nanti bisa menjadi pilot proyek atau contoh kepada PAUD-PAUD yang lain.

Acara Pengenalan Budaya Literasi Kepada Anak Usia Dini dan Peresmian “Taman Abjad” yang dihadiri Penasehat PAUD Terpadu Kartini yang juga Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Labuhanbatu Hj. Fatimah Andriani Ahmad Muflih tersebut dihiasi dengan pembukaan selubung dan mendengarkan dongeng yang dibawakan oleh personel dari Kampung Dongeng yang dirangkai dengan peninjauan sekolah PAUD Terpadu Kartini.