SERGAI- Pertemuan organisasi wartawan yang bertugas di wilayah Pemerintah Kabupaten Serdangbedagai (Sergai) bersepakat " Absen" Boikot pemberitaan dipolres Sergai.

Dengan tidak menghadiri pemaparan pers rilis hasil tangkapan Sat Narkoba Polres Sergai yang selama satu bulan, tepatnya dilaksanakan di halaman Mapolres Sergai. Selasa (27/11/2018) sekitar pukul 14:00 WIB.

Saat pemaparan pers rilis, tidak ada wartawan yang menghadiri, baik untuk wawancara maupun pengambilan foto di polres Sergai.

Hal ini sesuai kesepakatan bersama hasil pertemuan yang dihadiri oleh Ketua PWI Sergai Anwar Siregar, Sekretaris PWI Mukhlis, Wakil Ketua Korda IJTI Deli Serdang - Serdang Bedagai dan Tebing Tinggi yang juga Kordinator wartawan unit Polres Sergai Pujianto, Ketua KWRI Sergai Ronald Hutabarat, Kordinator wartawan unit Pemkab Sergai Darmawan dan Ketua IWO Sergai Zuhari yang sepakat tidak menghadiri pers relis tersebut.

"Absennya wartawan pada pers rilis itu sebagai mentuk kekesalan wartawan kepada Polres Sergai yang terkesan tidak respon kepada korp Wartawan Unit Polres Sergai yang telah terbentuk dan tinggal di kukuhkan,"ucap Koordinator wartawan unit Polres Sergai terpilih Pujianto Rabu (28/11/2018) di seirampah.

Pujianto menjelaskan, dirinya sudah berulang kali berkoordinasi kepada Polres Sergai namun hasilnya belum maksimal dan komunikasi itu semakin tidak jelas.

Hal serupa dikatakan Ketua PWI Sergai, Anwar. Dalam pertemuan ia mengatakan ikut sebagai solidaritas menolak kehadiran pers rilis tersebut “ Kita juga punya solidaritas kepada wartawan karena kita juga wartawan di Kab Sergai ini” ucap Anwar.

Begitu juga dikatakan Ketua Kordinator Wartawan unit Pemkab Sergai. Ia menuturkan Polres Sergai sejak silih bergantinya pimpinan belum pernah ada kejadian wartawan memboikot pemberitaan di Polres Sergai.

"Kita yang dikhawatirkan pemboikotan ini berbentuk panjang jika tidak ada penjelasan dan titik temunya. Apa lagi sesosok Kapolres Sergai itu adalah pejabat. Baik buruknya kinerja Polres Sergai itu dimulai dari tintanya wartawan,"ucap Darmawan.

"Kita berharap Polres Sergai bisa membangun mitra kerja yang baik dengan wartawan di Sergai, setidaknya untuk menjalin silaturahmi tidak salah ngopi-ngopi di warung bersama wartawan,"ujarnya.

Darmawan menjelaskan, artinya bisa melakukan konfirmasi ke Polda maupun ke Mabes Polri."Karena kita semua tahu Kapolri Jendral Tito Karnavian dekat dengan wartawan. Kapolri merupakan anak mantan wartawan dari station Radio Republik Indonesia ( RRI) , ” tutup mengakhiri pertemuan.*