MEDAN-Kapolrestabes Medan Kombes Pol Dr H Dadang Hartanto SH SIK MSi menyerap aspirasi masyarakat Kecamatan Pancurbatu dan Sibolangit.

Hal itu dilakukan Kapolrestabes Medan saat berkesempatan bersilaturahmi dengan warga dan unsur Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) Pancurbatu di warung Cakap-cakap, Rumah Makan Tarban, Jalan Jamin Ginting Km 22 Kecamatan Pancurbatu, Kabupaten Deliserdang. “Kegiatan di warung cakap-cakap ini adalah untuk menjalin silaturahmi dan membangun komunikasi bersama Muspika dan masyarakat yang bertujuan menyerap aspirasi masyarakat,” kata Kombes Pol Dadang, Jumat, (23/11/2018).

Semua, lanjut mantan Koorspripim Kapolri ini menerangkan, bahwa silaturahmi yang dilakukan untuk kebaikan bersama. “Ini bersifat familiar agar tidak ada hambatan antara polisi dengan masyarakat. Sehingga terjalin harapan yang diinginkan masyarakat,” terang Kombes Pol Dadang. Pada kesemptan tersebut, Alumnus Akpol Tahun 1994 ini menyebutkan, seluruh stakeholder yang ada harus optimis untuk menjadikan wilayah ini lebih maju, terlebih letak geografisnya sangat mendukung. “Kita harus optimisme menjadikan wilayah kita menjadi maju yaitu karena letak geografisnya yang mendukung. Oleh karena itu, mari kita jadikan wilayah kita menjadi maju dan berkembang di antara wilayah lainnya,” sebut peraih Naskah Strategi Perorangan (Nastrap) terbaik pada Pendidikan Regional (Dikreg) ke-26 Sekolah Staf dan Pimpinan Tinggi (Sespimti) Tahun 2017 ini.

Pada momen yang penuh keakraban tersebut, orang nomor satu di Mapolrestabes Medan ini juga menyampaikan bahwa toleransi di wilayah itu sudah sangat baik, mengingat keberagaman suku dan agama yang ada dapat membaur, bersatu padu.

Memiliki Toleransi dan Keterbukaan

Ditambah lagi masyarakatanya yang ulet, berada dalam keterbatasan luar biasa namun mampu serta pantang menyerah dan ini menjadi modal dasar yang sangat baik, kekuatan sumber daya manusia ini harus diasah dan diisi. “Masyarakatnya memiliki toleransi dan keterbukaan yang berbagai suku. Semua berbaur dan bekerja sama. Ini hal yang menjadi kekuatan penuh untuk menjadi maju dan harus dilakukan terprogram dengan baik,” imbuhnya.

Perlu kita ketahui, tambah Dadang, masalah keamanan dan kondusifitas wilayah harus lancar untuk mencapai kesejahteraan.

Karena, aman itu apabila ada keluhan masyarakat cepat ditanggapi dengan baik dan hadir di tengah masyarakat, sehingga kejahatan dapat dicegah dan diselesaikan dengan baik. “Oleh sebab itu, untuk menciptakan kondusifitas ini, kita harus bekerjasama dengan seluruh elemen yang ada dan harus saling mendukung. Kekompakan, kerjasama dan komunikasi harus dibangun,” tambahnya.

Hadir pada kesempatan tersebut Kapolsek Pancur Batu Kompol Faidir Chaniago SH MH, Camat Pancurbatu, David Efrata Tarigan, Danramil 14 Pancubatu, Kapten Arh Kusten Sidabutar, Wakapolsek Pancurbatu, AKP David Oloan Pasaribu, Sekcam, Wakil Karo-karo, Sekcam Sibolangit Esron Tarigan, Ketua MUI Pancurbatu, Drs Bagus Damanik, Kepala desa jajaran Kecamatan Sibolangit dan Pancurbatu, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, personel Polsek Pancurbatu dan Warga Sibolangit serta warga Kecamatan Pancurbatu.