ASAHAN - Ratusan warga Kecamatan Silau Laut Kabupaten Asahan antusias menyambut dan menghadiri peresmian Kampung Pengawasan Pemilu 2019 di Desa Silo Lama Kecamatan Silau Laut Kabupaten Asahan, Senin (19/11/2018).

Gerakan sosial masyarakat membangun partisipasi mengawal Pemilu 2019 ini direkomendasikan menjadi percontohan pengawasan partisipatif di seluruh Indonesia.

“Kami yakin, dengan kehadiran seluruh masyarakat Silau Laut hari ini, bentuk partisipasi yang luar bisa, kami yakin masyarakat Silau Laut akan bisa berhasil dan akan bisa mewarnai, menjadi aroma di seluruh negeri Indonesia,” kata Ketua Bawaslu RI Abhan memberikan sambutan pada acara persemian Kampung Pengawasan.

Abhan mengatakan, ‘gerakan sosial’ masyarakat Silau Laut merupakan yang pertama di Indonesia untuk Pemiu 2019. Dia berharap partisipasi masyarakat mengawal Pemilu bersih 2019 dapat diikuti oleh seluruh daerah di Indonesia.

“Ini pertama kali menghadiri peresemian Kampung Pengawasan Pemilu 2019. Mudah mudahan akan diikuti di seluruh Indonesia, di 514 kabupaten/kota,” katanya.

Kesempatan itu Abhan berharap partiipasi masyarakat tidak berhenti di kegiatan pembentukan kampung pengawasan. Akan tetapi berlanjut dan berpartisipasi pada hari pemugutan suara 17 April 2019. Masyarakat yang menentukan hak pilihnya nanti di bilik suara.

“Warga Sumut sangat maju, keragamannya bukan lagi rahasia. Dengan adanya Kampung Pengawasan Pemilu, jadikan Sumut percontohan Pemilu di Indonesia,” kata Abhan berpantun menutup sambutannya.

Peresemian Kampung Pengawasan juga dihadiri Asisten II Ekbang Sekretariat Daerah Pemprovsu Ibnu Utama mewakili Gubenur Sumatera Utara, Kasrem 022/PT Letkol Inf Agustatius Sitepu mewakili Pangdam I/BB, Kasubdit 1 TP Kemneg Ditreskrimsus Polda Sumut AKBP Simon Paulus Sinulingga mewakili Kaplodasu, Asisten II Setda Kabubaten Asahan Jhon Hardi Nasution mewakili Bupati, tokoh ulama Haji Ibrahim Ali yang merupakan keturunan Syekh Silau Laut. hadir jug para pengurus dan kader partai politik, calon anggota DPD RI daerah pemilihan Sumut.***