PALAS-Desa Arsesimatorkis ,Kecamatan Barumun,Kabupaten  Padang Lawas (Palas) mengalokasikan anggaran dana desa (DD) untuk membangun sarana fasilitas akses jalan telpord ke lokasi perkebunan warga.

  Akses jalan ini bertujuan untuk meningkatkan perekonomian warga setempat dalam mewujudkan kesejahteraan yang merata bagi kalangan petani perkebunan.

Ketua BPD Desa Arse Simatorkis  Ahmad Johan Siregar ,Senin (19/11/2018) ditemui  dilokasi pembangunan jalan Telford mengatakan, pembangunan ini merupakan tindak lanjut hasil Musdes dan kesepakatan warga dengan prioritas jalan ke lokasi perkebunan warga.

  "Anggaran Dana Desa diprioritaskan  membangun Infrastuktur  pemberdayaan ekonomi warga,"kata Johan.

  Ketua TPK Ali Syahbana Harahap mrngatakan, pembangunan jalan telpord sepanjang 1240.meter dengan anggaran Rp  375.032.000 dikerjakan secara swakelola dengan melibatkan elemen masyarakat setempat sebagai badan pekerja.

Ali Syahban didampingi Sekdes Basmalah Hutasuhut mengatakan,pelaksanaan  pembangunan jalan telpord desa  menuju lokasi perkebunan warga merupakan hasil Musdes yang disetujui Badan Permusyaratan Desa (BPD),tokoh masyarakat ,pemuda dan  alim ulama.

   "Anggaran tahun 2018 diprioritaskan peruntukannya lanjutan pembangunan jalan telpord dilokasi perkebunan,"ujar Ali.

Kegiatan pelaksanaan pembangunan jalan telpord untuk tahap tiga ini, masih  berlangsung dan sedang dikerjakan.

”Tenaga kerja memberdayakan  warga setempat untuk pekerjaan  pembangunan jalan telpord itu," terang Ali Syahban.

Ditanya terkait pembebasan lahan Ali Syahban menjelaskan, tidak ada ganti rugi karena warga dengan menyerahkan secara sukarela demi lahan  untuk kegiatan pembangunan jalan telpord.

"Warga mengapresiasi Pembagunan tersebut karena bermanfaat untuk mendorong kelancaran prekonomian warga yang lebih baik,"imbuhnya.

  Ia menambahkan, pembagunan ini sejalan rencana pembangunan jangka menengah desa (RPJM Des) maupun rencana kerja pemerintah desa.*