PALAS - PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Kantor Cabang Sibuhuan,Kabupaten Padang Lawas (Palas) menyalurkan dana bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) kepada 19.524  siswa di daerah itu.

Penyaluran dilakukan secara bergiliran untuk siswa SD sebanyak 16.096 siswa dan SMP sebanyak 3428 siswa.

  Pemimpin BRI Cabang Sibuhuan Mohamad Areif Raharjo melalui Eri Pramono  mengatakan, Program Indonesia Pintar (PIP)  merupakan program unggulan dari pemerintah untuk anak usia 6-21 tahun yang berasal dari keluarga miskin.

"Bantuan PIP itu diberikan dalam bentuk tabungan simpanan pelajar (Simpel). Dan setiap siswa penerima bantuan diwajibkan membawa kartu PIP serta didampingi orangtuanya serta Ketua Komite Sekolah yang bersangkutan baru dapat kita salurkan " kata Eri.

"Dari jumlah 19.524 siswa penerima bantuan PIP yang sudah direalisasikan penyalurannya untuk SD sebanyak 14.968 siswa dan SMP sebanyak 3.177 siswa atau 92,94 persen," terang Eri Pramono.

  "Masih terdapat sekitar 1379 siswa SD dan SMP yang belum menerima pencairan PIP dengan rincian untuk SD sebanyak 1.128 siswa dan SMP 251 siswa atau 7,06 persen lagi,"ujarnya.

  Dia menjelaskan, siswa penerima PIP diberikan kemudahan dalam melakukan pencairan dana bantuan ,asalkan memenuhui ketentuan sesuai datanya.

"Pihak BRI tidak ada melakukan pemotongan dalam bentuk apapun kepada siswa penerima bantuan PIP. Jika ada oknum yang  memanfaatkan  pelajar untuk mendapatkan keuntungan dengan cara pemotongan diluar tanggungjawab pihak BRI Kanca Sibuhuan ," ungkapnya.*