MAKASSAR - Dua klub pesaing perebutan gelar juara gagal memenuhi ambisi meraih poin penuh. Dalam laga yang digelar di Stadion Mattoanging Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat, 16 November 2018, Klub PSM Makassar hanya bermain imbang 2-2 melawan Klub Persija Jakarta. Kedua tim harus puas dengan tambahan satu poin, dan selisihnya masih empat. 


Dengan hasil ini, PSM tetap ada di puncak klasemen sementara LIGA 1 2018. Sedangkan Persija menempel di urutan kedua. PSM punya sisa 3 pertandingan, tapi Persija masih punya satu lebih banyak alias 4.

Di laga ini, Persija lebih dulu unggul 2-0 pada paruh 45 menit pertama. Gol pertama dihasilkan Jaimerson Xavier melalui sontekan, setelah terjadi kemelut di depan mulut gawang PSM.

Gol Jaimerson Xavier itu tercipta pada menit kedelapan. Situasi 1-0 membuat tempo permainan menjadi naik. PSM langsung berupaya keluar menyerang untuk segera menyamakan kedudukan.

Tapi apa daya justru gawang mereka kembali jebol. Kali ini adalah bek tengah PSM, Abdul Rahman Sulaeman, yang membobol gawang sendiri. Gol bunuh diri terjadi saat Abdul Rahman berusaha menghentikan pergerakan lawan di kotak penalti, agar tidak menyundul bola hasil tendangan bebas Ismed Sofyan. 

Sayangnya bola yang mengenai kepala Abdul Rahman langsung berbelok masuk ke gawang Rivki Mokodompit. Skor berubah menjadi 2-0 pada menit ke-28. Skor itu bertahan sampai pertandingan babak pertama selesai.

Di babak kedua, PSM berhasil bangkit. Mereka mampu memaksa Persija untuk bertahan lebih dalam. Hasilnya dua gol mampu diciptakan tuan rumah.

PSM membuka skor lewat Rizky Pellu. Gol berawal dari sepak pojok Zulkifli Syukur. Rizky Pellu mampu menyerobot bola sundulan untuk membobol gawang Shahar Ginanjar. Momen itu terjadi pada menit ke-61.

Kemudian gol penyeimbang buat PSM tercipta pada menit ke-77. Adalah Zulham Zamrun yang memaksa kiper Persija kembali memungut bola dari gawangnya. Skor sama kuat 2-2.

Ternyata skor itu bertahan sampai pertandingan selesai. Usai pertandingan para pemain kedua tim tampak begitu lelah. Keringat mengucur deras dari semua pemain, yang menandakan tingginya intensitas pertandingan.

Dengan hasil ini perburuan gelar juara LIGA 1 2018 masih akan sengit. Belum lagi Persib yang juga punya peluang untuk menipiskan selisih poin dengan PSM. ***