MEDAN-Jabatan sejumlah Kapolres di jajaran Polda Sumatera Utara (Sumut) diserahterimakan Kapolda di Aula Tribrata Mapolda Sumut, Jumat, (16/11/2018).

Selain Kapolres, sejumlah jabatan Direktur juga diserahterimakan. “Saya mengucapkan terimakasih kepada pejabat lama dan selamat kepada pejabat baru. Semoga amanah dan mengayomi masyarakat dalam menjalankan tugas,” ujar Kapolda Sumut, Irjen Pol Drs Agus Andrianto SH MH.

Lebih lanjut diungkapkan mantan Direktur Tindak Pidana Umum (Dirtipidum) Mabes Polri ini, mutasi di tubuh Polri merupakan hal yang biasa dalam rangka regenerasi. “Oleh karena itu, kepada pejabat baru, kiranya dapat meneruskan program kerja dari pejabat yang lama. Khususnya dalam menjaga dan menciptakan situasi kamtibmas di Sumut agar aman, damai dan kondusif,” ungkapnya .

Selain itu, Alumnus Akpol Tahun 1989 ini mengatakan, menjadi seorang polisi, harus Profesional, Modern dan Terpercaya (Promoter). “Terlebih dalam mengayomi, melindungi dan melayani masyarakat. Karena itu tugas mulia,” katanya.

Ditambahkannya, untuk saat ini, selain melakukan penegakan hukum, tugas yang paling penting adalah mengawal pelaksanaan Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg) Tahun 2019 agar berjalan lancar, sukses, aman dan terkendali. “Maksudnya, pilpres dan pileg 2019 harus damai. Aman dan kondusif. Caranya ialah dengan menjadi polisi yang bermasyarakat dan mengayomi," tambah mantan Kapolsek Percut Sei Tuan ini.

Pulang Kampung

Sementara itu, AKBP Faisal Napitupulu, salah seorang Kapolres yang mendapat amanah dalam jabatan baru sebagai Kapolres Asahan mengatakan dirinya pulang kampung. “Dengan amanah yang diberikan kepada saya menjadi Kapolres Asahan, berarti saya pulang kampung. Karena KTP saya dibuat di sini. Ya, di Asahan,” kata mantan Kasubdit III/Jahtanras Ditreskrimum Polda Sumut ini.

Selain itu juga, Alumnus Akpol Tahun 1999 ini menjelaskan, setiap perpindahan tempat diatur oleh pimpinan dalam hal ini Kapolda Sumut merupakan hal yang terbaik buat personel Polri yang bertugas di wilayah hukum Polda Sumut.

Oleh karenanya, ia mengaku siap ditugaskan di mana pun. “Sebagai personel Polri, kita siap ditempatkan dan dipindahkan di manapun berada,” jelas Faisal.

Kedepannya, kata Faisal, sebagai Kapolres Asahan, menggantikan pendahulunya, AKBP Yemmi Mandagi, dirinya akan bertugas sesuai SOP yang berlaku dan terus melakukan upaya pendekatan kepada masyarakat agar tugas-tugas yang diemban bisa terlaksana. “Kita sebagai polisi harus bisa menyesuaikan diri dengan cepat. Harus bisa ambil sikap dan tindakan dalam menjalankan tugas. Intinya, kita akan menjadikan masyarakat sebagai sahabat polisi,” imbuhnya seraya menambahkan slogan Polres Asahan di bawah komandonya ialah Tegas Terhadap Penjahat dan Humanis Kepada Masyarakat.

Terkait jabatan dan tugas yang diamanahkan, kata Faisal, dirinya senang dan bergembira. “Ditempatkan di mana saja saya senang. Karena, tugas di kepolisian sebagai ibadah kepada sang pencipta,” tandas mantan Kapolres Nias Selatan (Nisel) ini.

Serah terima jabatan ini dihadir Wakapolda Sumut, Brigjen Pol Mardiaz Kusin Dwihananto, Dir Intelkam Kombes Pol Dedy Kusuma Bakti, Kabid Humas Kombes Pol Tatan Dirsan Atmaja. Sedangkan sejumlah pejabat yang dimutasi berdasarkan Surat Telegram Rahasia Nomor : 2749/X/KEP/2018, dikeluarkan 28 Oktober 2018 yaitu Dirkrimsus dari pejabat lama Kombes Pol Toga Panjaitan kepada pejabat baru Kombes Pol Ronni Samtama, Kabid Propam, Kombes Pol Syamsudin Lubis digantikan pejanat baru, AKBP Yofie Girianto Putro, Kabidkum kini dijabat AKBP Maruli Siahaan dari sebelumnya dijabat Kombes Pol Ronni Samtama, Dir Binmas dari Kombes Pol Ery Susanto kini dijabat mantan Wakapolrestabes Medan, Kombes Pol Yusuf Hondawantri Naibaho, Kapolres Asahan dari AKBP Yemi Mandagi digantikan AKBP Faisal Napitupulu.

Sementara sebagai pengganti AKBP Faisal Napitupul di Polres Nisel dipercayakan kepada mantan Kabag Ops Polrestabes Medan, AKBP I Gede Nakti.