TANJUNGBALAI-Penataan dan pengembangan pelabuhan penumpang jadi salah satu fokus PT Pelindo Indonesia (Persero) untuk memberikan pelayanan transportasi laut.

Karena penataan terminal penumpang diyakini juga bisa memberikan kenyamanan dan kemudahan serta meningkatkan arus penumpang di pelabuhan.

Sebagai contoh beberapa Terminal Penumpang yang sudah dilakukan penataan dan pengembangan oleh Pelindo 1 dan berubah menjadi terminal penumpang yang modern dengan fasilitas setara bandara di antaranya Terminal Penumpang Bandar Deli Pelabuhan Belawan, Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjung Pinang, dan Pelabuhan Dumai serta Sibolga.

Oleh karena itu, demi meningkatkan pelayanan kepada pengguna transportasi laut, PT Pelindo Cabang Tanjungbalai Asahan melakukan penataan dan pengembangan Pelabuhan Teluk Nibung Tanjungbalai Asahan.

General Manager PT Pelindo Cabang Tanjungbalai, Aulia Rahman Hasibuan yang dikonfirmasi GoSumut, Rabu (14/11/2018) mengaku penataan Terminal Penumpang Teluk Nibung Tanjungbalai Asahan sudah dilakukan sejak Tahun 2017. "Jadi, Pelindo 1 sudah melakukan penataan terminal penumpang Teluk Nibung Tanjungbalai ini sejak setahun lalu. Dan saat ini progres pembangunannya sudah selesai dan sedang dalam proses pembuatan interior," ujar Aulia Rahman Hasibuan kepada GoSumut di Pelabuhan Teluk Nibung Tanjungbalai Asahan.

Dijelaskannya, terminal Penumpang Pelabuhan Teluk Nibung Tanjungbalai Asahan memiliki dua lantai dengan kapasitas mampu menampung sekitar 800 orang. "Sedikitnya 800 orang bisa tertampung di Pelabuhan Tanjungbalai Asahan ini. Dan untuk dua lantai dengan rincian Lantai 1 antara lain area check in, Bea Cukai, Imigrasi untuk kedatangan, ruang VIP Karantina. Sedangkan Lantai 2 ruangan Imigrasi untuk keberangkatan, ruang tunggu penumpang, dan Coffe shop," jelasnya seraya mengatakan pelabuhan tersebut juga dilengkapi dengan Food Court menyediakan berbagai macam makanan yang bisa dinikmati oleh masyarakat.

Selain itu, ditambahkan Aulia guna meningkatkan kualitas layanan terminal melalui penataan pelayanan parkir dan terminal penumpang baru ke market potensial pihaknya bekerjasama dengan Pemerintah Daerah (Pemda). "Untuk meningkatkan kualitas pelayanan parkir dan potensial baru kita bekerjasama dengan Pemda. Sehingga diharapkan kedepannya, terminal penumpang bisa menjadi icon baru kota Tanjungbalai Asahan dan meningkatkan pariwisata di Sumatera Utara.

Wujudkan Komitmen Pelindo 1

Senada dengan itu, Asisten Coorporate Secretary (ACS) Humas Pelindo 1, Fiona Sari Utami mengatakan bahwa pihaknya terus berupaya fokus dalam penataan terminal penumpang pelabuhan. "Sebagai pelayanan publik dan investasi terhadap masyarakat khusunya pengguna transportasi laut, kita terus melakukan penataan dan pengembangan pelabuhan yang ada di Sumatera Utara. Sehingga dengan hadirnya desain terminal penumpang yang mengangkat nuansa kearifan lokal yang dilengkapi dengan fasilitas modern dapat wujudkan komitmen Pelindo 1," tandasnya.