MEDAN-Kapoldasu Irjen Pol Agus Andrianto SH resmi menyandang gelar Magister Hukum dari Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU).

Gelar tersebut resmi disandang Kapolda Sumut setelah orang nomor satu di Mapolda Sumut tersebut diwisuda di Gedung Selecta Convention Hall, Jalan Listrik Medan, Selasa, (13/11/2018).

Selain Kapolda Sumut, Walikota Medan Dzulmi Eldin dan sejumlah pejabat di jajaran Polda Sumut antara lain Kapolres Binjai, Kapolres Karo dan Kapolres Tobasa, Dandenma Lantamal I Belawan Letkol (Mar) Maslan Tumanggor, SH MI.Kom serta Letkol (Mar) Ismail Rambe, MI.Kom juga merupakan wisudawan di antara total 1.690 lulusan UMSU yang diwisuda pada periode II Tahun 2018.

Kapoldasu Irjen Pol Drs Agus Andrianto SH MH dan Walikota Medan Drs Dzulmi Eldin MSi MH usai wisuda mengaku terharu dapat menyelesaikan studi dan merasa bangga menjadi keluarga besar UMSU sebagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terkemuka di Sumatera Utara dan nasional.

Saking terharunya, keduanya sempat meneteskan air mata ketika panitia wisuda menayangkan video lagu tentang Ibu oleh Sakha. “Tentu kita merasa terharu sekaligus bangga menjadi keluarga besar UMSU,” ujar Irjen Pol Drs Agus Andrianto SH MH yang diamini oleh Walikota Medan.

Bangga dengan Kepercayaan Masyarakat Terhadap UMSU

Sebelumnya, Ketua Umum PP Muhammadiyah, Dr Haedar Nashir MSi mengaku merasa bangga atas kepercayaan masyarakat luas, termasuk Kapoldasu dan jajarannya, Walikota Medan serta jajaran Lantamal I kepada UMSU.

Menurutnya, para lulusan UMSU ini tentu bagian dari mata rantai dari 176 Perguruan Tinggi Muhammadiyah di seluruh tanah air.

Disebutkannya, dalam rilis QS Top University akhir Tahun 2017 untuk Tahun 2018, salah satu perguruan tinggi muhammadiyah (PTM) berada pada ranking sembilan di antara PT di Indonesia dan PTM terpilih satu-satunya PTS terbaik di Indonesia.

Kemudian UMSU Tahun 2018 terpilih sebagai PTS terbaik di Sumut dari ratusan PTS di bawah Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti).

Untuk itu, UMSU tidak hanya patut dibanggakan di wilayah Sumut tetapi juga menjadi kebanggaan nasional. "Artinya kami PTM selalu bekerja keras untuk menghadirkan lembaga pendidikan tinggi berkualitas untuk keunggulan bangsa," katanya.

Untuk itu, lanjutnya, ketika masyarakat dan pemerintah mempercayakan kepada UMSU, maka kepercayaan itu akan ditunaikan dengan terus meningkatkan kualitas dan keunggulan dengan empat kekuatan lulusan PTM yakni kader bangsa yang religius, cerdas berilmu dan profesional, serta mandiri, bertanggungjawab dan pekerja keras.

Rektor UMSU Dr Agussani, MAP sebelumnya mengatakan UMSU akan bekerja keras untuk meningkatkan akreditasi institusi dari B menjadi A pada akhir 2018 ini.

Komitmen ini, lanjutnya, bagian dari tuntutan perubahan zaman yang menghendaki peningkatan mutu dan kualitas perguruan tinggi untuk menghasilkan lulusan dari PTM yang mampu bersaing terutama pada era revolusi digital ini.

Rektor mengaku turut bangga, kini lulusan UMSU bertambah dari unsur Wali Kota, Kapolda, Kapolres dan pejabat Lantamal.

Kepala LLDikti Sumut, Prof Dian Armanto, PhD dalam sambutannya mengatakan, UMSU terpilih sebagai PTS peringkat I terbaik se-Sumut Tahun 2018. "Untuk itu Kapolda, Walikota, Kapolres dan pejabat lain tidak salah memilih UMSU tempat kuliah Strata 2," ujarnya.

Prof Dian Armanto berharap peringkat ini terus dipertahankan dan LLDikti yakin UMSU akan meraih peringkat A pada akreditasi institusinya.

Dengan demikian Sumatera Utara bahkan pulau Sumatera akan bangga, memiliki satu-satunya PTS terakreditasi A.