PALAS-Forum Komunikasi Guru Olahraga (FKGOR) Kabupaten Padang Lawas (Palas)  bekerjasama dengan  Kementerian Pemuda dan Olahraga(Kemenpora) RI, mengadakan  kursus bagi Wasit sepakbola C3 dan C2,Kegiatan berlangsung selama 10 hari dimulai 13 - 22 November 2018.

Pembukaan kursus Wasit dibuka oleh  Wakil Bupati Palas drg.H.Ahmad Zarnawi Pasaribu .Cht.MM.M.Sididampingi Kadispora Ali Jambi dan Sekretaris Askab PSSI Palas H.Agus Saleh Saputra Daukay,Selasa(13/11/2018) di Aula Hotel Al Marwah Sibuhuan.

Wabup drg.H.Ahmad Zarnawi Pasaribu dalam arahannya mengatakan, melalui kursus ini dapat meningkatkan kualitas wasit.

"Tugas wasit sepakbola sangat penting dan menentukan jalan suatu pertandingan sepakbola di lapangan karena menjadi pengatur jalan kompetisi secara teratur ,"kata Wabup.

  Menurut Wabup, dalam permainan sepak bola, terutama pada pertandingan formal, wasit memiliki hak penuh selama pertandingan berlangsung kepada seluruh pelatih, pemain, dan tim ofisial.

Bahkan,kata Zarnawi, Federasi Internasional Sepak Bola  memberikan perlindungan penuh bagi wasit.Kata Wabup,  pertandingan formal sepak bola tidak akan komplit dan teratur tanpa kehadiran wasit, maka dari itu tugas wasit sepak bola sangatlah penting dan sangat menentukan.

Ketua FKGOR Palas M.Uswa Hamidi didampingi Ketua Panitia Mhd .Syafrihuddin Gembira Siregar dan Hasanul Marzuki mengatakan, jumlah peserta yang mengikuti kursus Wasit berjumlah 27 orang terdiri  dari wasit C2 sebanyak  6 orang dan C3 sebanyak 21 orang.

"Kegiatan kursus berlangsung selama 10 hari untuk teknis kursus dilaksanakan di aula Hotel Al Marwah Sibuhuan,sedangkan untuk prakteknya dipusatkan di lapangan hijau Maduma Padangluar Sibuhuan," terang Mhd.Syafrihuddin,disela kegiatan kursus berlangsung.

Ia menambahkan, asal peserta yang mengikuti kursus Wasit C2 dan C3 berasal dari Aceh,Riau,Labuhan Batu Utara ,Tapanuli Selatan ,Tapanuli Utara serta Padang Lawas.

"Melalui kursus Wasit diharapkan dapat  meningkatkan  sumber daya manusia (SDM) serta  kualitas  wasit dalam bidang olahraga sepakbola,"pungkasnya.*