PALAS-Pemerintah Kabupaten Padang Lawas (Palas) melalui Dinas Perikanan dan Peternakan mendistribusikan bantuan ternak kambing peranakan etawa (PE),sapi dan kerbau kepada kelompok peternak.

Bantuan ternak tersebut disalurkan bagi 24  kelompok peternak  di Kabupaten Palas. Bantuan tersebut diberikan guna mendongkrak produksi ternaknya sehingga bisa menumbuhkan kemandirian bagi peternak.

Kepala Dinas  Perikanan dan Peternakan Palas. Ir.A.Bakari mengatakan, tahun anggaran  2018  Pemerintah Provinsi Sumut melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan memberikan bantuan bagi sejumlah kelompok peternak untuk mengembangkan budidaya di masyarakat.

"Bantuan ternak itu  bertujuan untuk meningkatkan populasi ternak kambing,sapi dan kerbau di wilayah Kabupaten Palas dalam mewujudkan pengembangan ternak ,"kata Bakari ,Rabu(14/11/2018).

Kata Bakari  menambahkan, kelompok yang sudah menerima pendistribusian ternak kambing sebanyak 240 ekor kambing yang peruntukan bagi 12  kelompok telah didistribusikan Oktober lalu.

 "Setiap kelompok menerima 20 ekor kambing PE dengan jenis  18 betina dan 2 jantan," terang Kadis.

Sementara bantuan ternak sapi ,kata Bakari , sebanyak 64 ekor diperuntukan bagi 8 kelompok peternak .Setiap kelompok menerima sebanyak 8 ekor ,dan telah didistribusikan 4 November 2018 lalu.

Ia menambahkan, khusus ternak kerbau sebanyak 32 ekor peruntukkannya untuk 4 kelompok ,juga telah didistribusikan kepada kelompok peternak,Sabtu(10/11/2018).

"Setiap kelompok masyarakat peternak kerbau menerima sebanyak 8 ekor ,"ujar Bakari.

Kelompok peternak yang menerima bantuan ternak, tambah dia, sudah memenuhui kreteria dan persyaratan dan masuk dalam daftar penerima bantuan ternak yang bersumber dari anggaran APBD Provinsi Sumut anggaran tahun 2018.

Setiap kelompok penerima  bantuan ternak tersebut, diharuskan  memelihara ternak bantuan  dengan baik karena akan ditinjau dan dievaluasi oleh Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Palas secara rutin.