PEKANBARU - Kedatangan Calon Wakil Presiden Sandiaga Uno ke Provinsi Riau kali ini sangat menginspirasinya untuk membangun industri kelapa, jika ia dan pasangannya Calon Presiden RI Prabowo Subianto terpilih di Pilpres 2019. Hal itu disampaikannya dalam konferensi pers di Warkop 45, Pekanbaru, Senin, (12/11/2018).

Sandiaga beralasan, cita - citanya membangun industri kelapa, karena kelapa melimpah di Riau, terutama di Kabupaten Indragiri Hilir. Namun, sayangnya harga kelapa sangat rendah dan anjlok, sehingga tidak dapat mensejahterakan para petaninya.

"Saya akan membangun industri kelapa di Riau. Ini sangat esensi, karena harga kelapa sekarang sangat anjlok padahal permintaan dunia terhadap kelapa tinggi," jawab Sandiaga tatkala ditanya terkait salah satu upayanya membangun Riau.

Sandiaga menilai, anjloknya harga kelapa ini juga dikarenakan gagalnya mengenali potensi pasar dunia. Untuk itu, potensi Riau yang sebenarnya sangat luar biasa, menurutnya harus dikembangkan dengan kerja sama yang baik Pemerintah Provinsi Riau, Pemkab, dan Pemerintahan pusat yang betul - betul memikirkan untuk mengembangkan industri nasional.

Kemudian, Sandiaga juga menerangkan, dengan membangun industri kelapa, maka daya saing nasional dalam ekspor kelapa akan lebih tinggi. Karena kelapa - kelapa tersebut juga dapat diolah menjadi produk yang lebih bernilai ekonomi tinggi daripada hanya kelapa saja. ***