PALAS-Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 54 di Kabupaten Padang Lawas (Palas) dimeriahkan dengan pemotongan Tumpeng dan pameran makanan dan minuman sehat dan bergizi .

Kegiatan HKN dipusatkan di lapangan Merdeka Sibuhuan ,Senin (12/11/2018) diisi dengan berbagai rangkai kegiatan seperti senam pagi bersama dan penyerahan piagam sertifikat bebas malaria dari Menteri Kesehatan RI oleh Kadis Kesehatan Palas Hj Leli Ramayulis SKM.M.Kes kepada Bupati Palas H.Ali Sutan Harahap(TSO).

Selain itu penyerahan piagam penghargaan dari Dinkes kepada Pihak PT VAL dalam bidang CSR pemberian , penghargaan Desa ODF Kabupaten Palas, penyerahan alat deteksi resiko kehamilan kepada 10 bidan desa terbaik Kabupaten Palas serta pemberian penghargaan stand inovatif , stand penyuluhan kesehatan terbaik ,stand Favorit dan stand terbersih ,dilanjutkan dengan pemberian penghargaan 16 desa terbaik memanfaat dana desa untuk bidang kesehatan.

Bupati Palas H.Ali Sutan Harahap (TSO) membaca amanat Menteri Kesehatan RI Nila Farid Moeloek mengatakan, peringatan hari kesehatan Nasional dengan tema "Aku Cinta Sehat," sejalan dengan program gerakan masyarakat hidup sehat(Germas).

  Selain itu, kata Bupati melanjutkan,upaya promotif dan preventif sebagai pendekatan pembangunan kesehatan.

  Peringatan HKN ke 54 menjadi  momentum untuk merefleksi dan introsfeksi  sejauh mana keberhasilan pembangunan kesehatan yang telah dilaksanakan dan sejauh mana sektor kesehatan dalam melibatkan lintas sektor, dalam pembangun sektor kesehatan.

Melalui HKN, Bupati megajak seluruh petugas kesehatan untuk mengobarkan semangat pelayanan kesehatan masyarakat, “Mari kobarkan semangat melayani untuk menangkap aspirasi masyarakat, semangat memandirikan dan memberdayakan masyarakat dalam mencapai derajat kesehatan setinggi-tingginya,” pintanya.

"Prilaku hidup sehat di masyarakat kita masih perlu ditingkatkan termasuk prilaku aktivitas fisik," ujarnya. Bupati juga menyampaikan,bahwa manajemen yang handal ,kolaborasi multi sektor harmonis dan monitoring evaluasi pembangunan yang terstruktur dan sistematis,memunculkan inovasi baik ditingkat kabupaten sampai puskesmas guna menyelesaikan berbagai tantangan pembangunan kesehatan., ebut Bupati Mengutip harapan Menteri Kesehatan RI.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Palas ,Hj Leli Ramayulis SKM.M.Kes menuturkan, untuk mewujudkan masyarakat hidup sehat dimulai dari diri sendiri dengan tindakan membangun kesadaran,kemauan dan kemampuan berprilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup dan produktivitas bangsa.

“Dengan Hari Kesehatan Nasional (HKN) 54 ini kita mengajak komponen masyarakat  menerapkan pola hidup sehat dengan mendedikasikan hari harinya untuk pembagunan kesehatan yang dapat diimplementasikan dalam.kehiduoan sehari ditengah masyarakat untuk memperkuat pembangunan kesehatan,tabdasnya seraya menambahkan, kalau  lingkungan kita  sehat maka hidup akan lebih  sehat.*