PALAS-Pemkab  Padang Lawas (Palas) melalui Dinas Sosial (Dinsos) menggelar Sosialisasi Pemutahiran Data Terpadu Fakir Miskin, membantu proses pemutakhiran data masyarakat kurang mampu, di Hotel Al Marwah Sibuhuan, Senin (12/11/2018)

Kepala Dinsos Bustami Harahap S.Sos didampingi Kabid Penanganan Fakir Miskin Ali Martua Matondang S.SOos mengatakan,kegiatan sosialisasi bertujuan memberikan pemahaman tentang basis data terpadu program penanganan fakir miskin pada masyarakat luas, sehingga dapat membantu proses pemutakhiran data terpadu fakir miskin.

Bustami menjelaskan, proses penurunan angka kemiskinan bukanlah suatu pekerjaan yang mudah.  "Dibutuhkan kerja cepat dan kerja cerdas dalam menentukan arah kebijakan, harus bersinergi, sejak perencanaan, pengorganisasian, koordinasi dan memaksimalkan evaluasi," terangnya.

Perencanaan ini ,katanya , harus didukung  data yang akurat dan termutakhir,sehingga  implementasi program kegiatan penanggulangan kemiskinan dapat terukur, terarah dan tepat sasaran.

Ia  menambahkan, untuk saat ini masih banyak data yang tidak akurat sehingga salah sasaran. Oleh karena itu, tambahnya  sosialisasi ini bertujuan menekankan pelaksanaan mekanisme pemutakhiran mandiri membutuhkan kerjasama, dukungan moril dan materil semua pihak, dari tingkat kelurahan, kecamatan, hingga Provinsi.

"Karena kebutuhan  data yang akurat tersebut sangat penting untuk melakukan verifikasi dan validasi,"pungkasnya.

Peserta kegiatan  diikuti 140 peserta terdiri dari Kepala desa se kecamatan Barumun, Ulu Barumun, Barumun Selatan, Lubuk Barumun, Kecamatan Sosopan, staf Kantor kecamatan, dinas terkait, dan BPS.

Hadir dikegiatan pembukaan Wakil Bupati Palas drg.H.Ahmad Zarnawi Pasaribu CHt MM MSi, Kepala BPS dan narasumber  Elly Suharyadi SST MSi, Camat, Lurah Pasar Sibuhuan.*