PADANGSIDIMPUAN-Usai mengikuti pelaksanaan Upacara memperingati Hari Pahlawan ke 73, Sabtu (10/11/2018), di Stadion HM Noerdin Padangsidimpuan,sekira pukul 08.10 WIB,jajaran Polres Padangsidimpuan bersama unsur Muspida menggelar upacara di Taman Makam Pahlawan Bahagia Padangsidimpuan.

Dalam upacara tersebut, Kapolres Padangsidimpuan AKBP Hilman Wijaya bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) dan IPDA Sayur Tomi Purba sebagai Komandan Upacara. Selain pembacaan do'a, pelaksanaan upacara yang berlangsung singkat itu, Kapolres bersama seluruh Muspida dan peserta yang hadir, melaksanakan tabur bunga dan meletakkan karangan bunga di makam para Pahlawan.

Kapolres menjelaskan, pelaksanaan Upacara, do'a bersama dan tabur bungan ini dilaksanakan untuk mengenang perjuangan dan pengorbanan para pahlawan."Dan mengingatkan kembali kepada kita semua dan generasi muda khususnya, sebagai penerus bangsa. Agar jangan sampai cita- cita dan nilai kejuangan yang dibangun terlupakan. Dengan peringatan upacara, diharapkan tumbuh semangat kepahlawanan yaitu, semangat persatuan dan kesatuan," ungkapnya.

Seiring berkembangnya tekhnologi, salah satunya tekhnologi informasi maka, persatuan dan kesatuan harus dikokohkan. Mengingat saat ini banyak beredar informasi-informasi di media sosial yang berisi hasutan, kabar hoax yang mengadu domba, sehingga dapat mengancam keutuhan bangsa.

“Kita sebagai generasi muda harus betul-betul bisa memanfaatkan media sosial untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa,”Ucap Hilman. “Dahulu semangatnya melawan penjajah, sekarang semangat berjuang, berkarya menjadi pahlawan bagi diri sendiri, pahlawan bagi masyarakat dengan menjadi mitra kamtibmas,”lanjutnya lagi singkat.

Sementara, Kasubbag Humas Polres Padangsidimpuan IPTU Maria Marpaung menambahkan,"Semangat kepahlawanan dan kejuangan direpresentasikan dalam bentuk cinta tanah air, pantang menyerah, peduli dan berbagi serta toleransi. Hal tersebut menjadi sumber motivasi untuk mengatasi berbagai tantangan di waktu kini dan mendatang,"terangnya.

Dari pantauan Wartawan, di tanam Makam Pahlawan Bahagia Kota Padangsidimpuan, hadir dalam pelaksanaan upacara itu, antara lain, Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution, Ketua DPRD Kota Padangsidimpuan Hj Taty Harriyani Tambunan, Wakapolres Padangsidimpuan Kompol Syafiruddin Hasibuan, Kasi Pidum Kejaksaan Negro Padangsidimpuan Ahmad Harahap, Danyon Inf 123/RW Letkol Inf Roy Chandra Sihombing, Kasdim 0212/TS Mayor Dedi Iskandar, Sekda Kota Padangsidimpuan H Zulpeddi Simamora dan Ketua Fraksi PAN H Erwin Nasution.*