PALAS-Minimnya Tingkat kelulusan seleksi kompetensi dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kabupaten Padang Lawas (Palas) tahun 2018 begitu memprihatinkan. Alhasil banyak formasi yang masih kosong.

  Pernyataan ini disampaikan Sekretaris BKPSDM Kabupaten Palas , Amit Hadi Nasution,Sabtu (10/11/2018) yang merupakan hari terakhir kegiatan seleksi CPNS yang telah berlangsung selama 6 hari dilokasi SMKN 1 Barumun.

Menurut Amir , dari 3.753  peserta yang mengikuti tes tercatat hanya 28 orang yang mampu melewati nilai passing grade (nilai ambang batas) yang ditetapkan.

“Berdasarkan hasil evaluasi dari total peserta 3.753  hanya sekitar 28 orang saja yang lolos. Dengan kondisi tersebut diperkirakan masih banyak  formasi masih kosong,” jelasnya.

Amit  menjelaskan dalam seleksi tes CPNS tahun ini Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) menetapkan  nilai point passing grade sebesar 298. Nilai tersebut diambil dari 100 butir soal yang terbagi dalam 3 macam.

Pembagian itu , tentang tes  karakteristik pribadi (TKP) dengan point 143 , tes intelegensi umum(TIU) dengan  80 point serta tes wawasan kebangsaan(TWK)  75 point. Nilai tersebut secara otomotis muncul dilayar komputer ketika waktu pengerjaan 90 menit selesai.

“Namun bila kejadiannya seperti ini, dimana angka kelulusan sangat minim,tidak  mencapai separuh dari formasi yang dibutuhkan sebanyak 264 orang,"terang Amit.

Lebih lanjut Amit menyampaikan, bahwa ke 28 peserta tes CPNS yang berhasil lolos pada tes Standart Kompetensi Dasar (SKD) ini, masih akan menjalani tes berikutnya yaitu tes Standart Kompetensi Bidang (SKB). Dimana tes tersebut merupakan tahapan terakhir bagi peserta.

“Sedangkan dalam tes SKB ini terkait dengan penjadwalannya masih menunggu arahan dari pusat terkait dengan pelaksanaan,” ujar Amit yang juga Kordinator Panitia Seleksi Daerah (Panselda) Kabupaten Palas.

  Ia menambahkan, dihari terakhir ini dari dua sesi yang telah selesai ,hanya 1 peserta yang lolos SKD atas nama Syahrah Melinda.Sementara sesi ke 3-4 ,saat ini masing berlangsung belum dapat diketahui hasilnya yang lolos passing grade.

Sebelumnya ,tambah dia ,jumlah peserta yang telah berhasil lolos SKD dari mulai hari pertama ,Senin(5/11/2018) sampai terakhir pada sesi dua berjumlah 28 orang.

"Untuk sesi 3-4 yang saat ini sedang berlangsung belum dapat diketahui hasilnya ,apakah ada yang lolos passing grade atau tidak ,tentu belum dapat kita pastikan jumlah total peserta yang lolos passing grade di Kabupaten Palas ," pungkasnya.*