PALAS - Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS dengan sistem Computer Assisted Tes (CAT) cukup sulit. Akibatnya, ribuan peserta yang harus menelan pil pahit akibat tidak memenuhi passing grade, peserta lulus passing grade bisa dihitung dengan jari. Panselda melaksanakan penyelenggaran seleksi CPNS Kabupaten berlangsung selama 6 hari dimulai Senin (5/11/2018) hingga Sabtu (10/11/2018) dibagi 4 sesi setiap harinya di SMKN 1 Barumun.

Rata-rata peserta yang tidak lulus passing grade terganjal pada nikai Tes Kompentesi Kepribadian (TKP), karena nilainya tidak mencukupi standar 143 point.

Sekretaris BKPSDM Palas, Amit Hadi Nasution didampingi pengawas dari BKN Pusat Simson Sitanggang mengatakan, kelulusan itu tergantung SDM peserta, makanya harus optimis dan percaya diri.

"Kemampuan para peserta menjadi faktor tolak ukur kelulusan dalam menjawab soal-soal," kata Amit.

Dikatakan, hasil akhir seleksi SKD peserta tes CPNS yang memenuhi dan dinyatakan lulus passing grade, hanya 28 orang, Sabtu (10/11/2018).

Sedangkan peserta yang tidak memenuhi passing grade, sebanyak 3609 orang dari jumlah peserta yang dinyatakan lulus administrasi yang ikut tes CPNS sebanyak 3637 orang.

Amit menambahkan, dari 3753 peserta yang tidak hadir mengikuti tes CPNS sebanyak 116 orang.

"Persentase kelulusan CPNS Kabupaten Palas hanya 0,7 persen," terang Amit

Ditanya terkait banyak formasi yang kosong dan tidak terpenuhi kuota kebutuhan daerah sebanyak 264 orang.

“Kita menunggu saja regulasi dari pusat. Semoga saja ada kebijakan,” tandasnya.