TAPSEL - Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), menggelar upacara peringatan Hari Pahlawan Tahun 2018 yang jatuh tepat pada hari ini, Sabtu (10/11). Pelaksanaan upacara yang digelar di halaman kantor Bupati Tapsel, Jalan Prof. Lafran Pane, Sipirok, ini berlangsung khidmad dan tertib. Bupati Tapsel H Syahrul M Pasaribu, bertindak lansung sebagai Inspektur Upacara (Irup), sedangkan Kapten Inf Sudirman Pakpahan, bertindak selaku Komandan Upacara.


Pantauan Wartawan, hadir dalam upacara tersebut Forkopimda Tapsel, Wakil Bupati Tap­sel Aswin Efendi Siregar, Sekda Tapsel Parulian Nasution, para Asisten, pimpinan OPD, per­wakilan Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI, Polri, Veteran, OKP, Ormasdan pelajar.


Dalam amanat tertulis Menteri Sosial RI Agus Gumiwang Kartasasmita yang dibacakan oleh Bupati Tapsel H. Syahrul M. Pasaribu disebutkan, Per­ingatan Hari Pahlawan 10 Novem­ber 2018 ini mengambil tema "Semangat Pahlawan Di Dadaku".

"Tema tersebut mengandung makna, dalam diri setiap insan tertanam nilai-nilai kepahlawanan, oleh karenanya siapapun dapat menjadi pahlawan bagi setiap Warga Negara Indonesia tanpa kecuali yang dapat berinisiatif, mengabdikan hal yang bermanfaat untuk kemaslahatan diri, lingkungan sekitar maupun bangsa dan negara," ujarnya.

Dikatakan, peringatan Hari Pahla­wan menjadi momentum bagi bangsa Indonesia untuk melakukan introspeksi diri, karena setiap komponen bangsa dapat mewarisi nilai-nilai kepahlawanan untuk melanjutkan perjuangan, mengisi kemerdekaan demi tercapainya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang sejahtera, adil dan makmur, katanya.

Dijelaskan, peringatan hari pahlawan harus melahirkan ide-ide dan gagasan serta mentransformasikan semangat pahlawan menjadi keuletan dalam melaksanakan pembangunan. Negeri ini juga membutuhkan pemuda yang mempunyai pandangan global, mampu berkolaborasi dan mampu memanfaatkan kemajuan teknologi, agar negara Indonesia dapat diperhitungkan dalam bersaing dan bersanding dengan negara lain, jelasnya.

Melalui momentum peringatan hari pahlawan, "Saya mengajak kepada seluruh generasi bangsa, marilah kita berbuat yang terbaik bagi bangsa ini dan mari berkontribusi untuk kemajuan bangsa serta torehkan prestasi yang membawa harum nama bangsa dan negara," imbuhnya.

Setelah upacara dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis kartu BPJS Kesehatan kepada salah seorang veteran dan sekaligus menyerahkan tali asih kepada veteran dan janda veteran oleh Bupati Tapsel yang didampingi oleh Forkopimda Tapsel, Wabup Tapsel Aswin Efendi Siregar dan Sekda Tapsel Parulian Nasution.

Kemudian Bupati dan Forkopimda Tapsel melaksanakan ziarah dan sekaligus tabur bunga ke Taman Makam Pahlawan Sahala Muda Pakpahan, di Lembah Bukit Tor Simago-mago, Sipirok.