PALAS-Dinas Kesehatan Kabupaten Padang Lawas (Palas) melaksanakan  rapat koordinasi lintas program dan lintas sektor terkait pemanfaatan dana desa dalam mendukung program kesehatan masyarakat. Acara dilaksanakan di aula Hotel Grandika Sibuhuan kemarin.

Kadis Kesehatan Palas Hj Leli Ramayulis .SKM.M.Kes didampingi Kabid Kesmas Nuraijah .SKM.M.Kes mengatakan, program kesehatan tidak hanya tanggung jawab sektor kesehatan saja , tetapi juga membutuhkan suatu kerjasama yang luas secara lintas program dan sektor ,termasuk peran serta pemerintah desa ,masyarakat serta kemitraan swasta atau perusahaan yang ada di Kabupaten Palas.

"Untuk mewujudkan program kesehatan masyarakat,tentu perlu dibangun komitmen bersama  lintas sektor untuk memberikan kontribusi mewujudkan masyarakat sehat dan mandiri,"ujar Nuraijah.

  Narasumber dari Dinkes Provsu Mega Kariati .SKM.M.Kes memaparkan,untuk meningkatkan derajat kesehatan serta kesadaran  masyarakat dibutuhkan  kerjasama grand desains menata kelola pemanfaatan dana desa dan CSR perusahaan dalam bidang kesehatan.

Ia menjelaskan bahwa implementasi sektor kesehatan terdiri dari penggalangan tim yang dilakukan tentang informasi kesehatan terkait program dan konsep sasaran.

  Sebelum menutup kegiatan rapat program lintas program dan sektor Wakil Bupati Palas drg.H.Ahnad Zarnawi Pasaribu bersama Sekda Arpan Nasution meminta dunia usaha ikut mengambil peran dalam mewujudkan program kesehatan masyarakat melalui program CSR.

  Membangun komitmen untuk berkontribusi menunjang program kesehatan ditengah masyarakat,kata Wabup , dibutuhkan kerjasama semua pihak untuk ikut andil dalam kegiatan sasaran kesehatan.

Wabup mengharapkan melalui kegiatan dapat memberikan langkah dan perencanaan  tepat sasaran dalam mewujudkan kesehatan masyarakat melalui kegiatan imunisasi,pogging ,posyandu serta membangun infrastruktur  ,sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan untuk mengatasi permasalahan yang tidak terjangkau atau tidak terdeksi.

Pesertan rapat lintas program dan sektor dihadiri Camat, Kepala.Puskesmas ,Pendamping Desa Kepala Desa serta Unsur OPD dan Perwakilan perusahaan.*