PALAS-Kabupaten Padang Lawas (Palas masuk nominasi penerina penghargaan Raskin Award tahun 2017 karena berhasil  mendistribusikan  beras miskin tepat sasaran kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Penghargaan Raskin Award itu diterima  langsung Bupati Palas H.Ali Sutan Harahap (TS0) bersama  dengan  Bupati dari 13 Kabupaten/kota lainnya diserahkan Sekdaprovsu Dr.Ir.Hj Sabrina.M.Si di gedung Bina Graha Kantor Gubernur Sumut kemarin.

  Award Raskin ini diberikan sebagai bentuk penghargaan karena keberhasilan pemerintah mendistribusikan beras sejahtera (Rastra) kepada keluarga penerima manfaat (KPM) berjalan baik.

Sambutan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi dibacakan Sekda Pemprovsu Dr.Ir.HJ Sabrina .M.Si  mengatakan,  pemberian penghargaan raskin award tahun 2017 berdasarkan Keputusan Gubernur Sumut No 188.44/1209/KPTS/2018 tanggal 27 Agustus 2018 tentang penganugrahan beras bagi masyarakat berpendapatan rendah/beras sejahtera tahun 2017.

"Bupati dan Walikota yang menerima  anugerah raskin award  ini dinilai berhasil melaksanakan penyaluran raskin didaerah berjalan baik dan sehingga masuk dalam nominasi,"kata Sekdaprovsu.

Selain itu ,lanjut Sabrina ,program Rastra telah berubah nama Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) maka penyerahan Raskin Award tahun 2017 ini adalah untuk terakhir kalinya.

  Ia menambahkan, dengan  program BPNT, masyarakat tidak lagi dikenakan biaya penebusan harga rastra sebesar Rp1.600/kg. Tetapi diberikan secara cuma-cuma.

Pemprov Sumut juga mengapresiasi daerah di Kepulauan Nias yang keseluruhannya menerima penghargaan."Hal ini mengingat kondisi luas dan medan yang ditempuh untuk pendistribusian rastra cukup berat,"terangnya.

Untuk tahun berikutnya,kata dia , indikator yang tidak lagi menempatkan ketaatan pembayaran sebagai penilaian. Karena barang subsidi ini tidak lagi berbayar, maka faktornya ada pada ketepatan waktu dan tepat sasaran kepada keluarga penerima manfaat.

"Jadi kita berharap nanti tidak ada lagi kendala, karena gratis. Sehingga sama-sama kita bisa melihat masyarakat kita menuju sejahtera, setahap demi setahap,"ujar Hj Sabrina.

  Kata Sabrina , pelaksanaan penyaluran dan pendistribusian raskin atau rastra (beras sejahtera) kepada KPM di kabupaten/kota se-Sumatera Utara pada 2017,bersama 113.895.900 kg dengan jumlah  penerima sebanyak 632.755.

Sementara Bupati Palas H.Ali Sutan Harahap (TSO) mengatakan, anugerah penghargaan Raskin Award ini sebagai motivasi untuk memacu daerah agar lebih siap mendistribusikan rastra kepada KPM terwujudnya masyarakat sejahtera.

Bersamaan dengan Kabupaten Palas yang menerima anugrah Raskin Award , Walikota Gunungsitoli, Binjai, Sibolga, Padangsidimpuan, Tebingtinggi.

Sementara Bupati Labuhan Batu Sekatan, Karo, Langkat, Padang Lawas, Nias, Nias Selatan, Nias Utara dan Nias Barat.*