BELAWAN-Kapolres Pelabuhan Belawan AKBP Ikhwan Lubis SH MH mengajak wartawan untuk menghindari pemberitaan Hoaks.

Terkhusus menjelang Pemilihan Legeslatif (Pileg ) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) Tahun 2019 yang akan datang.

Ajakan tersebut disampikan Kapolres Pelabuhan Belawan dalam sambutannya pada acara temu ramah bersama para awak media di Rumah Singgah Sahabat Polisi (RSSP), Jalan Veteran Kecamatan Medan Belawan, Sumatera Utara. "Lewat temu ramah ini, saya selaku Kapolres Belawan mengajak media untuk tidak menyajikan berita-berita hoaks," ajak Kapolres Pelabuhan Belawan, AKBP Ikhwan Lubis SH MH didampingi Wakapolres, Kompol Taryono Raharja SIK serta Kabag Ops, Kompol Erinal seperti dihimpun GoSumut, Senin, (5/11/2018).

Di hadapan para awak media, orang nomor satu di Mapolres Pelabuhan Belawan ini menegaskan kepada kalangan jurnalis untuk lebih berhati-hati dalam menerima dan menyebarkan kembali sebuah peristiwa, terutama dari sebuah sumber orang kedua atau bukan pihaknya langsung. "Saya kira teman-teman jurnalis di sini sudah dipegangi kemampuan yang cukup untuk menulis sebuah berita. Saya yakin itu. Maka mari kita bersama-sama untuk menjauhkan hoaks dan menangkalnya," tegas Ikhwan.

Minta Dukungan Media

Begitupun, sebut Ikhwan, pihaknya tetap meminta dukungan serta kerjasama kepada para awak media untuk turut serta berperan aktif dalam menciptakan kondusifitas Kamtibmas yang kondusif menjelang Pileg dan Pilres 17 April 2019. "Mari sama-sama kita jaga kekondusifan kamtibmas. Sehingga nantinya pemilu yang akan datang dapat berjalan dengan aman dan Lancar," sebutnya.

Selain itu, Ikhwan juga menegaskan kepada media bahwa jika terdapat informasi yang beredar di masyarakat yang sumbernya meragukan, akan lebih baik dilakukan konfirmasi pada pihak yang berkompeten. "Jadi, jika informasinya masih belum jelas, maka akan bijaksana jika dilakukan konfirmasi ke sumbernya langsung. Sebab berita yang sudah beredar, sulit untuk ditarik kembali. Jangan-jangan itu menyesatkan," tegas mantan Kasubdit Indag Ditreskrimsus Polda Sumut ini mengakhiri.