SERGAI - Bupati SerdangBedagai, H.Soekirman mengahadiri Ulang tahun dan sekaligus sebagai narasumber Seminar Dies Natalis IMASEP ke-38 dan Departemen Agribisnis FP USU ke-58 tahun, bertempat di Aula Suratman Fakultas Pertanian USU, Propinsi Sumatera Utara. Sabtu (3/11/2018).

Menanggapi hal ini, Ketua Panitia Jepri Karldopa Purba dalam laporannya sangat mengapresiasi dan kehormatan atas kehadiran Bupati Sergai Ir H Soekirman yang hadir menjadi narasumber seminar Agribisnis Sebagai Pilar Pembangunan.

"Seminar tersebut dalam rangka Dies Natalis IMASEP ke-38 dan Departemen Agribisnis FP USU ke-58 tahun ini. Semoga FP USU semakin maju ke depan dan tetap semangat dalam kebersamaan," ucapnya.

Begitu juga dikatakan Ketua Ikatan Mahasiswa Sosial Ekonomi Pertanian (IMASEP) FP USU, Fahmi Idris Nasution. Dia mengucapkan selamat Dies natalis dan jadikan moment ini untuk menjadi jauh lebih baik lagi.

"Suatu kebanggaan bahwa IMASEP telah menjadi bagian terbesar agribisnis di Sumut. Telah banyak program dan prestasi yang diraih, serta menjadikan IMASEP sesuai jargonnya yaitu Selangkah Lebih Maju dan Terus Maju," bilangnya.

Hal serupa dikatakan Penasehat IMASEP Ir. Yusak Maryunianta. Dia menyampaikan Kegembiraan pada momen ini hadir juga alumni-alumni terbaik FP USU dari masa ke masa.

"Momen puncak Dies natalis ini turut dihadiri oleh alumni luar biasa yang berjuang di tengah masyarakat, memberikan ilmu pengetahuan pertanian yang dimilikinya tanpa pamrih dan bekerja luar biasa tanpa lelah hingga kelihatan tidak memiliki batas," ucapnya.

Sebut saja yang pertama sosok Soekirman, alumni yang sukses di bidang birokrasi hingga saat ini menjadi Bupati Serdang Bedagai. Juga ada Gunawan Sutio, entrepreneur yang cukup berhasil dibidang sertifikasi tanaman.

"Hal ini adalah kesempatan untuk merasakan transfer sosial kemampuan, ilmu dan pengalaman dari para alumni sukses tersebut," katanya.

Ketua Prodi Agribisnis FP USU Dr. Ir. Satya Negara Lubis secara khusus menyampaikan selamat ulang tahun IMASEP dan Departemen Agribisnis FP USU, semoga semakin unggul serta para alumni nantinya mampu memberikan yang terbaik bagi bangsa dan negara.

Prodi agribisnis dari tahun ke tahun semakin diminati dan saat ini menjadi nomor dua paling diminati pada FP USU.

Sebelumnya, Bupati Sergai Ir.H.Soekirman saat menyampaikan paparan berjudul "Meningkatkan SDM Dalam Menghadapi Tantangan Masa Depan Indonesia di Era Revolusi Industri 4.0".

Dikatakan, bahwa memulainya dengan pencerahan tentang 3 (tiga) elemen penting dalam hidup yaitu ilmu, iman dan cinta.

Menurutnya, ilmu telah banyak mengalami perubahan yang sangat pesat karena teknologi informasi dan komunikasi. Tempat ilmu tersebut salah satunya adalah di fakultas ini.

Kemudian Iman, adalah hal yang sangat penting dan apapun agama dan keyakinan, bahwa kita semua akan mati.

"Pada poin Cinta, adalah bagaimana kita mencintai almamater. Untuk mencintai fakultas perlu dilakukan banyak hal misalnya aktif bersosialisasi dengan rekan sesama mahasiswa. Selain itu pemahaman akan segala hal terkait fakultas, dan menyatukan diri pada tempat kita menimba ilmu," katanya lagi.

Untuk itu, lanjut Soekirman, setiap orang ada masanya, dan setiap masa pasti ada orangnya. Mungkin masa saya dahulu sewaktu kuliah berbeda dengan mahasiswa sekarang. Namun satu hal yang penting, 3 elemen tadi (Ilmu, Iman dan cinta) nantinya akan menghasilkan peace (perdamaian). Karena tanpa perdamaian tentu tidak akan ada pembangunan. Sementara pembangunan tersebut juga tidak akan berjalan dengan baik tanpa adanya SDM yang baik.

"Begitu juga Terkait Revolusi Industri 4.0, pada momen ini saya mengajak para mahasiswa untuk menjadi seorang entrepreneur yang kreatif. Artinya mampu melihat peluang usaha serta menciptakan lapangan kerja bagi orang lain," tukasnya.

"Presiden RI Joko Widodo meminta industri kreatif harus jadi tulang punggung Indonesia yang didukung terbentuknya Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf). Oleh karena itu, kepada para mahasiswa diminta aktif mencari informasi terkait program tersebut agar mampu masuk kedalam masa revolusi industri ini melalui Bekraf," timpalnya.

"Manajemen harus ada ide seperti halnya 17 poin pencapaian Sustainable
Development Goals, maka mari kita manfaatkan peluang yang ada dengan sebaik-baiknya," ucapnya melanjutkan.

Mengakhiri paparannya, Bupati menyampaikan selamat ulang tahun IMASEP ke-38 dan Departemen Agribisnis FP USU ke-58. IMASEP dan Prodi Agribisnis diharapkan maju berpuluh langkah didepan dan menjadi elemen penting suksesnya pembangunan di Indonesia.